Pengembangan media garis singgung lingkaran (GASIL) untuk memahamkan siswa kelas VIII PPS Al-Muflihun pada materi garis singgung lingkaran yang berciri realistic mathematics education / Mochamad Hendri Santoso - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media garis singgung lingkaran (GASIL) untuk memahamkan siswa kelas VIII PPS Al-Muflihun pada materi garis singgung lingkaran yang berciri realistic mathematics education / Mochamad Hendri Santoso

Santoso, Mochamad Hendri (2020) Pengembangan media garis singgung lingkaran (GASIL) untuk memahamkan siswa kelas VIII PPS Al-Muflihun pada materi garis singgung lingkaran yang berciri realistic mathematics education / Mochamad Hendri Santoso. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Santoso Mochamad Hendri. 2019. Pengembangan Media Garis Singgung Lingkaran (GASIL) untuk Memahamkan Siswa pada Materi Garis Singgung Lingkaran yang Berciri Realistic Mathematics Education. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M.Sc. Kata Kunci media manipulatif RME garis singgung lingkaran Latar belakang dari pengembangan media manipulatif ini adalah adanya kesulitan siswa dalam memahami materi garis singgung lingkaran. Siswa belum bisa menerapkan konsep teorema Pythagoras dalam menentukan panjang suatu garis singgung lingkaran. Siswa juga belum bisa merepresentasikan permasalahan garis singgung lingkaran ke dalam bentuk gambar. Selain itu Kurikulum 2013 yang telah diterapkan masih menyediakan sumber belajar berupa buku teks. Hal ini membuat guru yang berperan sebagai fasilitator dalam pembelajaran mengalami kesulitan untuk membantu siswa memahami materi tanpa adanya media pembelajaran. Beberapa permasalahan tersebut dapat diatasi dengan mengembangkan media manipulatif yang berbasis RME.Pengembangan media manipulatif berbasis RME ini menerapkan model pengembangan Thiagarajan yang terdiri dari empat tahap yaitu (1) tahap pendefinisian (2) tahap perancangan (3) tahap pengembangan dan (4) tahap penyebaran. Pada pengembangan media ini hanya terbatas sampai tahap pengembangan. Hasil pengembangan ini adalah media manipulatif Gasil yang berbasis RME. Media Gasil telah divalidasi oleh tiga validator yaitu satu dosen Matematika UM dan dua guru Matematika SMP. Uji coba terbatas pada pengembangan ini melibatkan 10 siswa PPS Al-Muflihun yang berkemampuan heterogen. Skala hasil validasi media manipulatif Gasil adalah persentase. Nilai rata-rata validasi RPP adalah 81 25% dan rata-rata validasi media adalah 80 76% sehingga media manipulatif Gasil memenuhi kriteria valid. Hasil pengisian angket oleh siswa menunjukkan bahwa nilai rata-rata sebesar 81 75% sehingga media manipulatif Gasil memenuhi kriteria praktis. Hasil pengerjaan tes siswa menunjukkan bahwa 80% siswa mendapatkan nilai di atas KKM yaitu 70 sehingga media manipulatif Gasil memenuhi kriteria efektif. Dapat disimpulkan bahwa media manipulatif Gasil yang dikembangkan memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. Mengetahui Penguji I Penguji II Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M.Sc Syaiful Hamzah Nasution S.Si M.Pd NIP 195005071974031002 NIP 19841123201212 1 001 Penguji Utama Dr. Sukoriyanto M.Si NIP 19670119 199103 1 001

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/148549

Actions (login required)

View Item View Item