Umami, Habiba Ridhotul Umami (2021) pengembangan media pembelajaran video animasi after effect hoogere burger school (vanvectcool) pada materi indonesia masa pergerakan untuk siswa kelas xi iis 2 sma islam almaarif singosari / habiba ridhotul umami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran sejarah di SMA Islam Almaarif Singosari dinilai masih belum optimal dalam memanfaatkan teknologi dalam kegiatan pembelajarannya. Hal ini didasarkan pada pengamatan yang dilakukan peneliti terhadap kegiatan pembelajaran di kelas XI-IIS 2 yang terbiasa menggunakan powerpoint dan keynote. Selain itu sumber belajar yang dipakai untuk kegiatan pembelajaran hanya LKS dimana materi yang dimuat kurang lengkap sehingga guru selalu membutuhkan metode ceramah agar materi yang diberikan pada peserta didik mampu dipahami. Berdasarkan permasalahan tersebut maka diperlukan adanya pembuatan media pembelajaran hasil dari Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi After Effect Hoogere Burger School (Vanvectcool) pada Materi Indonesia Masa Pergerakan untuk Siswa Kelas XI-IIS 2 SMA Islam Almaarif Singosari. Vanvectcool merupakan suatu media pembelajaran dalam bentuk video animasi yang dibuat menggunakan software after effect. Media pembelajaran ini mengangkat materi Hoogere Burger School (HBS) atau sekolah menengah umum pada era kolonial. Materi ini ditampilkan dalam bentuk ilustrasi-ilustrasi dan karakter yang menarik perhatian peserta didik. Media ini diharapkan mampu mengatasi kejenuhan peserta didik dalam belajar sejarah. Media pembelajaran ini dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang diusung oleh Robert Maribe Branch. Produk ini dikembangkan untuk menghasilkan media pembelajaran yang memenuhi uji validitas dan uji kelayakan produk. Uji validitas dilakukan oleh ahli materi dan ahli media yang merupakan Dosen Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang sedangkan uji kelayakan dilakukan pada peserta didik kelas XI-IIS 2 SMA Islam Almaarif Singosari dengan mengisi angket kelayakan produk. Pengujian pada peserta didik dilakukan dalam dua tahap yakni uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar pada kelas XI-IIS 2 SMA Islam Almaarif Singosari. Uji coba kelompok kecil dilakukan pada 5 peserta didik dan uji coba kelompok besar dilakukan pada 25 peserta didik. Pengembangan media pembelajaran Vanvectcool (Video Animasi After Effect Hoogere Burger School) ini telah berhasil mengembangkan produk yang memenuhi kriteria valid dan layak. Secara keseluruhan produk mendapatkan presentase kevalidan sebesar 97%. Pada aspek kelayakan produk mendapatkan presentase sebesar 79% setelah diujicobakan. Berdasarkan hasil tersebut media pembelajaran Vanvectcool dapat dikategorikan sebagai media pembelajaran yang valid dan layak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/148112 |
Actions (login required)
View Item |