Perancangan brand identity untuk mendukung city branding Kabupaten Tulungagung / Soni Yahya - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan brand identity untuk mendukung city branding Kabupaten Tulungagung / Soni Yahya

Yahya, Soni (2017) Perancangan brand identity untuk mendukung city branding Kabupaten Tulungagung / Soni Yahya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yahya Soni. 2017. Perancangan Brand Identity Untuk Mendukung City Branding Kabupaten Tulungagung. Skripsi Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Moch Abdul Rohman S.Sn M.Sn. Kata Kunci Perancangan Entitas City Branding Brand Identity. Saat ini persaingan di sektor wisata antar kota semakin meningkat khususnya persaingan dalam menarik wisatawan untuk berkunjung. Berbagai kota melakukan upaya untuk menonjolkan karakteristik khusus yang mereka miliki agar mampu menarik wisatawan sebanyak mungkin salah satunya melalui city branding. Tulungagung sebagai Kabupaten yang berada di pesisir selatan Pulau Jawa memiliki banyak sekali destinasi wisata. Namun demikian Kabupaten Tulungagung masih kurang dalam membentuk persepsi wisatawan agar berkunjung ke Kabupaten Tulungagung hal inilah yang menjadi masalah yang bisa diselesaikan melalui perancangan brand identity untuk mendukung city branding. Tujuan dari perancangan ini adalah menghasilkan desain brand identity yang tepat dan menarik sehingga menumbuhkan rasa bangga terhadap warga Tulungagung mampu mencerminkan ciri khas Kabupaten Tulungagung secara baik guna menarik minat wisatawan untuk berkunjung serta menjadi identitas yang membedakan Kabupaten Tulungagung dari daerah lainnya. Struktur model perancangan ini dimulai dengan perumusan latar belakang menyusun rumusan masalah dan menentukan tujuan dari perancangan. Kemudian melakukan identifikasi data dengan cara mengumpulkan data-data yang diperlukan. Setelah itu proses perancangan dapat dilanjutkan dengan membuat analisis data berdasarkan data yang telah dikumpulkan dari analisis data dibuat sintesis untuk mendapatkan konsep perancangan yang akan dibuat. Langkah berikutnya melalui konsep perancangan dibuatlah perencanaan media serta perencanaan kreatif untuk menghasilkan konsep tata desain. Kemudian berdasarkan konsep tata desain dapat dimulai proses desain mulai dari idea layout hinga menghasilkan desain final. Pada akhirnya diperoleh kesimpulan bahwa perancangan ini menghasilkan produk berupa Brand Identity dan implementasinya terhadap media. Brand identity yang dimaksud berupa logo maskot warna tipografi serta elemen grafis. Implementasi dari brand identity menghasilkan beberapa media antara lain Visual Identity Guide berupa pedoman penggunaan brand identity Stationary set berupa kartu nama cd cover kop surat amplop dan map advertising and promotion berupa paperbag poster brosur leaflet baliho billboard iklan majalah dan iklan Koran merchandise berupa topi mug pin kaos bantal gantungan kunci boneka action figure dan stiker kemudian transportasi dan online media berupa bus sekolah akun instagram website serta line stiker.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14764

Actions (login required)

View Item View Item