Sulaiman, Okmar (2010) Pengembangan media CD pembelajaran interaktif mata pelajaran IPS untuk siswa kelas 3 semester II SD Laboratorium Universitas Negeri Malang / Okmar Sulaiman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Kata kunci Pengembangan Media CD Interaktif Ilmu Pengetahuan Sosial Media CD Interaktif merupakan salah satu media yang dapat digunakan sebagai sumber belajar karena penyampaiannya menggunakan unsur audiovisual meliputi gambar suara dan animasi serta interaktifitas sehingga dapat menarik minat pengguna. Berdasarkan hasil observasi di SD Laboratorium Universitas Negeri Malang dalam penyampaian materi pelajaran khususnya Ilmu Pengetahuan Sosial guru menggunakan metode pemberian tugas dengan modul. Pengembang ingin membuat alternatif pilihan media pembelajaran melalui penmgembangan media CD Interaktif pembelajaran. Media ini dibuat secara menarik dengan tujuan untuk meningkatkan efektifitas dalam belajar. Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan CD Pembelajaran interaktif untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang layak bagi siswa kelas III SD dan mempunyai kualitas teknis untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran. Karakteristik dari media CD Interaktif adalah terdapat komunikasi yang interaktif antara media dengan pengguna sehingga mendorong tingkat keaktifan siswa dalam belajar. Pengembang menggunakan model pengembangan Sadiman S. Arif. Pengembangan Media CD Interaktif ini diujicobakan pada siswa kelas III pada mata pelajaran IPS. Hal ini dirasakan sesuai karena karakter siswa SD kebanyakan masih senang belajar yang diikuti dengan sesuatu yang menarik misalnya gambar musik atau permainan. Subyek uji coba dalam pengembangan media CD Interaktif Pembelajaran ini adalah siswa kelas III SD Laboratorium Universitas Negeri Malang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi wawancara serta menggunakan instrumen berbentuk angket ahli media ahli materi dan audiens. Untuk hasil belajar siswa digunakan tes dalam bentuk pre-test dan pos-test. Analisis data yang digunakan untuk mengolah data hasil validasi ahli media ahli materi dan audiens adalah prosentase sedangkan untuk mengolah data hasil belajar siswa digunakan uji tes t. Untuk mengetahui validitas dari media CD Interaktif dilakukan pengujian hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan media. Maka dari itu dikemukakan hipotesis tentang ada dan tidaknya perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan media. Hasil pengembangan media CD Interaktif pembelajaran ini memenuhi kriteria valid yakni ahli media 87 5% ahli materi 95% audiens kelompok kecil 84 5% dan audiens kelompok klasikal 83 4% sedangkan untuk hasil belajar baik kelompok kecil maupun klasikal menunjukkan t hitung t tabel. Dalam pengujian hipotesis rumus statistik H0 ditolak dan H1 diterima karena ada perbedaan antara sebelum dan sesudah menggunakan media CD Interaktif Pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa media CD Interaktif Pembelajaran ini mampu merangsang minat siswa dalam mempelajari pelajaran IPS dan dapat dijadikan pilihan sumber belajar bagi guru dan siswa. Saran yang diajukan adalah untuk senantiasa merawat dan membersihkan CD karena CD mudah sekali rusak dan tergores apabila dalam keadaan terbuka.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Oct 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/147 |
Actions (login required)
View Item |