Pengaruh model pembelajaran geographical inquiry pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah siswa kelas x / JIHAN PUTRI UTAMI - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran geographical inquiry pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah siswa kelas x / JIHAN PUTRI UTAMI

Jihan Putri Utami (0000) Pengaruh model pembelajaran geographical inquiry pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah siswa kelas x / JIHAN PUTRI UTAMI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Geographical Inquiry merupakan suatu model pembelajaran yang mampu melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi sebab dalam proses pembelajaran siswa dituntut berperan aktif dalam mencari menyidik mengolah melakukan aksi nyata hingga mampu menghasilkan cara pemecahan masalah terhadap fenomena geosfer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Geographical Inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dipilih secara purposive sampling. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPS 4 dan X IPS 2 SMAN 01 Batu. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes (pretest dan posttest). Data yang didapatkan dianalisis menggunakan uji independent sample t-test. Pengaruh pembelajaran diuji dengan uji Mann Whitney. Hasil analisis menunjukkan model pembelajaran geographical inquiry berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis serta kemampuan memecahkan masalah kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hasil tersebut dapat dibuktikan dari uji pada kedua hipotesis memperoleh nilai signifikansi yang pertama pada kemampuan berpikir kritis sebesar 0 017 dan kemampuan memecahkan masalah sebesar 0 006. Taraf signifikansi tersebut kurang dari 0 05 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil temuan kedua yaitu peningkatan nilai kelas eksperimen lebih besar hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil selisih nilai gain score pretest-posttest.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/146849

Actions (login required)

View Item View Item