Perancangan buku elektronik tentang kuliner Kota Malang dengan media pengenalan kreatif / Risa Mariana Hutabarat - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan buku elektronik tentang kuliner Kota Malang dengan media pengenalan kreatif / Risa Mariana Hutabarat

Hutabarat, Risa Mariana (2018) Perancangan buku elektronik tentang kuliner Kota Malang dengan media pengenalan kreatif / Risa Mariana Hutabarat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hutabarat Risa Mariana.Juni2018.PerancanganBuku Makanan Tradisional Malang untuk Anak Sebagai Pengenalan Kuliner Kota Malang. Skripsi JurusanSenidanDesain FakultasSastraUniversitasNegeri Malang.Pembimbing (I) Drs.DidiekRahmanadji M.Pd. (II) Yon Ade Lose Hermanto S.Sn M.Sn. Kata Kunci Perancangan Desain Karakter Makanan Tradisional Malang Kota Malang Pengenalan Kuliner Dalam Ilmu Desain Komunikasi Visual (DKV) permasalahannya adalah bagaimana menyampaikan pesan yang utamanya melalui kasat mata. Karena sifat gambar adalah sangat segera. Gambar menyampaikan pesan dengan cepat gambar mewakili seribu kata dapat memiliki berbagai makna. Orang orang tidak selalu suka dengan kata kata kecenderungan mencari situasi yang kesemuanya sudah di katakan dalam gambar. Gambar menampilkan cara yang paling cepat untuk mengutarakan ide. Makanan daerah adalah makanan dan minuman yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat daerah tertentu dengan bentuk yang otentik dan unik yang diterima oleh masyarakat. Kota Malang adalah Kota dengan kuliner yang cukup banyak dan memiliki banyak kuliner.Namun makanan dari Kota Malang sudah lama sekali dilupakan dan tidak banyak orang mengetahuinya khususnya adalah anak-anak jaman sekarang yang lebih up to date dengan makanan terbaru. Banyak diantara mereka yang tidak mengetahui makanan yang sudah terkenal di Kota Malang dari sejak lama. Metode perancangan yang dipakai dalam perancangan buku makanan dari kota Malang ini adalah model perancangan dari Drs. SadjimanEbdiSanyoto. Penulis mengacu pada model prosedural bersifat deskriptif. Perancangan ini dimulai dari latar belakang masalah identifikasi data analisis data sintesis konsep perancangan desain karakter makanan tradisional kota Malang hingga desain final. Karena kurangnya pengetahuan anak-anak jaman sekarang terhadap makanan daerah maka hasil perancangan ini berupa buku berisi desain karakter dan Makanan Khas Kota Malang yakni Bakpao Telo Bakso Malang Cwie Mie Es Tawon Kripik Tempe Mendol Kokam Orem-Orem Putu Lanang Rawon.Dengan adanya buku perancangan yang berisi desain karakter makanan tradisional Kota Malangini dapat memberikan pengenalan secara unikkepada anak anak. Tidak menutup kemungkinan untuk masyarakat luar Kota Malang pun tertarik dengan buku ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14675

Actions (login required)

View Item View Item