Perancangan merchandise sebagai media promosi album band Rumah Serem / Achmad Rizal Febrianzah - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan merchandise sebagai media promosi album band Rumah Serem / Achmad Rizal Febrianzah

Febrianzah, Achmad Rizal (2018) Perancangan merchandise sebagai media promosi album band Rumah Serem / Achmad Rizal Febrianzah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Febrianzah Achmad Rizal. 2017. Merchandise Media Promosi Album Band Rumah Serem. Skripsi.Program DesainKomunikasi Visual JurusanSenidanDesain FakultasSastra.UniversitasNegeri Malang.Pembimbing (1) Drs. Sumarwahyudi M.Sn(2) Andreas Syah Pahlevi S.Sn M.Sn. Kata Kunci Perancangan Mechandise Media Promosi Band Band Rumah Serem. Musik adalah salah satu keindahan seni yang diungkapkan melalui suara. Saat ini musik bisa dikatakan sudah menjadi sesuatu hal yang tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan sehari-hari manusia. Tidak dipungkiri lagi di zaman yang modern ini perkembangan dunia musik sudah sangat pesat. Musik bukan hanya sekedar dunia suara namun sudah dianggap sebagai dunia industri yang menjanjikan. Hal ini menjadikan banyak bermunculan band-band baru dengan genre dan aliran yang berbeda salah satunya adalah band-band indie lokal. Band indie berkembang tanpa adanya dukungan dari label sehingga pemasukan band pun hanya bersumber dari panggung ke panggung salah satunya adalah band Rumah Serem. Dikarenakan hal tersebut diperlukan media yang berfungsi sebagai media promosi sekaligus menjadi sumber pemasukan untuk band tersebut. Salah satu media yang bisa digunakan sebagai media promosi sekaligus sumber pemasukan adalah merchandise. Merchandise adalah produk-produk yang dijual dengan target konsumen yang jelas dengan memiliki tujuan memperkenalkan sesuatu melalui barang tersebut. Perancangan merchandise ini memiliki fungsi sebagai media untuk mempromosikan album dan band Rumah Serem itu sendiri selain itu perancangan merchandise ini bisa menjadi salah satu sumber pemasukan finansial bagi band Rumah Serem. Metode perancangan menggunakan metode prosedural yang di awali pada tahap pra-produksi yang meliputi penentuan ide konsep dan riset. Tahap berikutnya adalah tahap produksi yang meliputi pembuatan sketsa outline dan pewarnaan desain akhir. Dalam perancangan ini menghasilkan produk merchandise berupa produk fashion yang umum digunakan sehari-hari dan produk berupa buku lirik hasil dari perancangan yaitu t-shirt jaket hoodie tote bag dan buku visualisasi album

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14635

Actions (login required)

View Item View Item