Perancangan "Kediri Culinary Guide" sebagai media informasi wisata kuliner Kota Kediri / Tagi Muhammad Ulul Albab - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan "Kediri Culinary Guide" sebagai media informasi wisata kuliner Kota Kediri / Tagi Muhammad Ulul Albab

Albab, Tagi Muhammad Ulul (2018) Perancangan "Kediri Culinary Guide" sebagai media informasi wisata kuliner Kota Kediri / Tagi Muhammad Ulul Albab. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Albab Tagi Muhammad Ulul. 2017. Perancangan Kediri Culinary Guide Sebagai Media Informasi Wisata Kuliner Kota Kediri. Skripsi Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I). Drs. Sugiyono Ardjaka M.Sc Ph.D (II) Dimas Rifqi Novica S.Sn M.Ds Kata Kunci Perancangan Buku Fotografi Wisata Kuliner Kediri Kediri merupakan kota yang memiliki potensi wisata kuliner namun hanya sedikit kuliner khas Kediri yang dikenal masyarakat luas. Kebanyakan masyarakat hanya mengetahui tahu kuning dan pecel sebagai makanan khas kediri padahal tahu kuning dan pecel adalah sebagian kecil dari banyaknya ragam kuliner khas yang dimiliki kota Kediri. Sebenarnya kota Kediri memiliki potensi sebagai daya tarik wisata kuliner karena memiliki keunikan dan kekhasan yang berbeda dengan daerah lain. Kediri memiliki potensi sebagai destinasi wisata kuliner namun tidak ada media yang dapat menginfokan tentang keragaman kuliner khas Kediri. Masyarakat luas jarang yang mengetahui secara lengkap keragaman kuliner khas Kediri. Faktor lain yang menyebabkan kuliner khas Kediri tidak banyak diketahui adalah kurangnya promosi. Hal tersebut menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kuliner khas kurang dikenal di daerah lain. Hal itu terjadi karena kebanyakan kuliner tradisional hanya mengandalkan promosi dari mulut ke mulut yang kurang efektif di masa sekarang. Oleh karena itu untuk menyebarkan informasi tentang kuliner yang ada di Kediri adalah dengan dibuatnya sebuah buku kuliner yang dapat menginformasikan keragaman kuliner khas Kediri. Buku merupakan media yang long lasting dan dapat dibaca kapan saja sehingga kuliner khas kediri bisa dikenal masyarakat sampai kapan pun. Model perancangan yang digunakan adalah prosedural yaitu model yang bersifat deskriptif. Model perancangan ini menjelaskan tahapan yang dilalui dalam proses perancangan media. Tahapan tersebut meliputi latar belakang tujuan pengumpulan data analisis sintesis konsep perancangan perancangan media evaluasi dan desain final. Pada kegiatan perancangan media informasi kuliner khas Kediri menghasilkan media yaitu buku kuliner berbasis fotografi dengan judul Kediri Culinary Guide x-banner untuk menginformasikan buku dan totebag. Media ini diharapkan menjadi media yang efektif untuk menginformasikan sekaligus mempromosikan kuliner khas kediri. pembaca bisa merasakan citarasa kuliner yang diangkat dan juga menambah pengetahuan tentang keragaman kuliner khas Kediri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14621

Actions (login required)

View Item View Item