Analisa makna bahasa visual pada kemasan Aqua edisi khusus dengan menggunakan prinsip semiotika / Fitri Ayuni Amalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisa makna bahasa visual pada kemasan Aqua edisi khusus dengan menggunakan prinsip semiotika / Fitri Ayuni Amalia

Amalia, Fitri Ayuni (2017) Analisa makna bahasa visual pada kemasan Aqua edisi khusus dengan menggunakan prinsip semiotika / Fitri Ayuni Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Amalia Fitri Ayuni. 2017. Analisis Makna Bahasa Visual Pada Kemasan Aqua Edisi Khusus Dengan Menggunakan Prinsip Semiotika. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sumarwahyudi M.Sn (II) Andreas Syah Pahlevi S.Sn M.Sn. Kata Kunci Semiotika Roland Barthes Kemasan Aqua Temukan Indonesiamu Kompetisi antara merek yangsengitmenjadikan sebuah produk harus merencanakan strategi pemasaran kreatif. Aqua mencoba melakukan diferensiasi terhadap produknya dengan memproduksi kemasan khusus bertema Indonesia dengan program Temukan Indonesiamu . Sifat dan nilai-nilai masyarakat Indonesia diangkat dalam kemasannya.Aqua mencoba untuk lebih dari hanya sekedar penjualan minuman mineral tetapi juga menerapkan konsep tersendiri. Program tersebut berkolaborasi dengan 5 desainer grafis dan 4 dari mereka adalah bagian dari Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI). Dalam penelitian ini objek penelitian dibatasi hanya berfokus pada label ilustrasi kemasan varian Santun dan Berbagi ukuran 600 ml yang di terbitkan pada bulan November 2015 dan hanya dijual di Jawa - Bali. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna dibalik tanda elemen bahasa visual pada label kemasan Aqua edisi khusus Temukan Indonesiamu tersebut. Teori yang digunakan untuk mengetahui makna dibalik tanda adalah dengan menggunakan teori semiotika Roland Barthes yang merupakan penggembangan dari teori Saussure. Teori Roland Barthes pada penelitian ini dalam tingkatan denotasi konotasi dan mitos. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Elemen ilustrasi pada objek penelitian Santun dan Berbagi akan dibedah dalam bentuk deskriptif interpretatif.Peran peneliti dalam penelitian ini sebagai partisipan penuh atas pengumpulan data. Dalam memaknai tanda peneliti menggunakan kajian interteks. Keabsahan temuan berasal dari keajegan pengamatan peneliti karena peneliti sebagai instrumen utama dalam penelitian. Hasil analisis semiotika dalam penelitian ini adalah menunjukkan adanya simbol budaya dalam kemasan Santun dan Berbagi yaitu adanya budaya salim dan budaya Indonesia dalam berbagi seperti makan bersama tumpeng nasi kuning. Aqua Temukan Indonesiamu berusaha untuk melakukan langkah edukasi budaya Indonesia sesuai visi dan misi Aqua yang menjadi bagian dari Indonesia. Aqua menerapkan fungsi informing reminding dan adding value dalam kemasannya. Kemasan Santun berusaha untuk memberikan wawasan mengenai tradisi sehari-hari yang telah mendarah daging di Indonesia sedangkan kemasan Berbagi menanamkan sebuah kebudayaan berbagi melalui tradisi Indonesia yaitu tumpengan nasi kuning pemberian batik dan berbagi dengan binatang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14586

Actions (login required)

View Item View Item