Perancangan motion graphics tentang creativepreneur untuk lulusan SMK / Bagus Risky Al Barkah - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan motion graphics tentang creativepreneur untuk lulusan SMK / Bagus Risky Al Barkah

Barkah, Bagus Risky Al (2017) Perancangan motion graphics tentang creativepreneur untuk lulusan SMK / Bagus Risky Al Barkah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Barkah Bagus Riskyal. 2017. Perancangan Motion Graphics tentang Creativepreneur untuk Lulusan SMK. Skripsi Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sarjono M.Sn (II) Joko Samudra S.Kom M.T Kata Kunci Motion Graphics Creativepreneur Wirausaha Lulusan SMK Creativepreneur merupakan seseorang yang menggeluti wirausaha dibidang industri kreatif dengan memanfaatkan kreativitas hobby atau passion-nya menjadi sebuah bisnis. Namun sampai saat ini masih belum ada media yang menarik dalam memberikan wawasan dan informasi mengenai creativepreneur untuk lulusan SMK. Oleh karena itu diperlukan video animasi berbentuk motion graphics yang membahas tentang creativepreneur (wirausaha kreatif). Media motion graphics dipilih karena memiliki keunggulan pada penyampaian informasi yang menarik secara visual jelas dan efesien dibandingkan dengan media lain. Tujuan dari perancangan ini adalah memberikan wawasan dan informasi mengenai creativepreneur sebagai bentuk kontribusi dalam menumbuhkan dan menanamkan jiwa wirausaha yang mandiri kepada lulusan SMK melalui media motion graphics. Model perancangan yang digunakan adalah model perancangan prosedural yaitu menjelaskan tahapan yang harus dilalui dalam proses perancangan media. Tahapan tersebut dimulai kegiatan mengidentifikasi latar belakang masalah identifikasi data pustaka kajian data analisis data sintesis konsep perancangan produksi hingga desain final. Hasil perancangan ini terdiri dari media utama yaitu motion graphics dengan judul How to be a Creativepreneur yang ditujukan untuk lulusan SMK usia 17-25 tahun serta media pendukung seperti poster billboard banner vertical banner dan x-banner untuk mempromosikan media utama. Platform yang digunakan untuk mempublikasikan media utama yaitu melalui media online seperti facebook dan youtube. Media Motion graphics ini diharapkan menjadi media yang menarik dan efektif dalam mempelajari dunia wirausaha solusi untuk memacu produktivitas dan menumbuhkan jiwa wirausaha kreatif bagi lulusan SMK sehingga dengan meningkatnya jumlah wirausaha tentu dapat memberikan dampak positif bagi kemajuan bangsa. ABSTRACT Barkah Bagus Riskyal. 2017. Motion Graphics on Creativepreneur for Vocational Graduates. Thesis Visual Communication Design Study Program. Art and Design Department. Faculty of Letter. State University of Malang. Advisors (I) Drs. Sarjono M.Sn (II) Joko Samudra S.Kom M.T Keywords motion graphics creativepreneur entrepreneurship vocational graduates. Creativepreneur is someone who s diving into entrepreneurship in the field of creative industries by utilizing creativity hobby or passion into a business. However until now there is still no medium of interest in providing insight and information about creativepreneur for vocational graduates. Therefore animation in form of motion graphics that discusses creativepreneur (creative entrepreneur) is required. motion graphics media is chosen between among because it has the advantage of delivering information that is visually appealing clear and efficient compared to other media. The purpose of this design is to provide insight and information about creativepreneur as a form of contribution in growing and instilling self-employment entrepreneur spirit to the graduates of high grade students through motion graphics media. The procedural design model is used which explain the steps that must be passed in the process of media design. The stages are initiated by identify the background of the problem the identification of library data data review data analysis synthesis design concept production and final design. The result of this design consist of the main media which is motion graphics entitled How to be a Creativepreneur aimed the vocational graduates aged 17-25 years as well as supporting media such as posters billboards banners vertical banner and x- banner to promote the main media. The platform used to publish the main media is through online media such as facebook and youtube. This motion graphics media is expected to be an interesting and effective media in learning the world of entrepreneurial solutions to spur productivity and foster the spirit of creativepreneurship for vocational graduates so that with the increasing number of entrepreneurs certainly can give a positive impact for the nation s progress.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14577

Actions (login required)

View Item View Item