Dayanto, Yavis Septian Nur Dayanto (2021) upaya meningkatkan teknik dasar renang melalui aktivitas pengenalan air menggunakan metode bermain untuk siswa pemula 5-7 tahun di tirta sani gemilang swimming club / yavis septian nur dayanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Terdapat berbagai macam gaya dalam olahraga renang mulai dari gaya bebas gaya dada gaya punggung dan gaya kupu-kupu. Sebelum menguasai berbagai macam gaya sangat perlu menguasai teknik dasar renang terlebih dahulu melalui aktivitas pengenalan air. Terdapat 3 teknik dasar renang yaitu mulai dari mengatur nafas dalam air mengapung hingga meluncur. Menurut Bompa (1990 45) belajar renang idealnya sudah dimulai antara usia 3-7 tahun. Namun kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa siswa Tirta Sani Gemilang Swimming Club (TSG SC) banyak yang belum mampu menguasai 3 teknik dasar tersebut karena metode latihan yang digunakan sebelumnya yaitu metode drill yang dimana metode tersebut kurang cocok untuk siswa pemula usia 5-7 tahun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan teknik dasar renang melalui aktivitas pengenalan air menggunakan metode bermain untuk siswa pemula usia 5-7 tahun. Dengan demikian tidak semua siswa TSG SC yang menjadi sampel hanya siswa pemula berusia 5-7 tahun saja. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan olahraga dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penelitian tindakan ini dilakukan dengan menggunakan dua siklus di setiap siklusnya terdapat 3 kali pertemuan. Terdapat 4 tahap dari setiap siklusnya yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini mulai dari observasi dokumentasi wawancara tes dan catatan lapangan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa pemula di TSG SC dengan jumlah sampel sebanyak 15 anak yang terdiri dari 6 laki-laki dan 9 perempuan. Pada hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada keterampilan teknik dasar renang setelah dilakukan latihan dengan menggunakan metode bermain. Penilaian dilaksanakan pada akhir siklus saja dengan diperoleh hasil pada siklus 1 yaitu mengatur nafas dalam air 95.56% mengapung 65 92% dan meluncur 20% selanjutnya pada siklus 2 mengatur nafas dalam air 100% mengapung 89 61 dan meluncur 88.33% Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian yaitu dengan menggunakan metode bermain siswa dapat meningkatkan keterampilan teknik dasar renang melalui aktivitas pengenalan air di TSG SC
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/145448 |
Actions (login required)
View Item |