Perancangan visual merchandising 'Canister Magazine' dalam bentuk street mobile display untuk pemberdayaan komunitas subkultur / Mochamad Romadhon Febriarianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan visual merchandising 'Canister Magazine' dalam bentuk street mobile display untuk pemberdayaan komunitas subkultur / Mochamad Romadhon Febriarianto

Febriarianto, Mochamad Romadhon (2017) Perancangan visual merchandising 'Canister Magazine' dalam bentuk street mobile display untuk pemberdayaan komunitas subkultur / Mochamad Romadhon Febriarianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Febriarianto Mochamad Romadhon. 2017. Perancangan Street Mobile Display Visual Merchandising Canister Magazine Untuk Pemberdayaan Komunitas Subkultur. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hariyanto M.Hum. (II) Heppy Jundan Hendrawan S.Sn M.Ds. Kata Kunci Visual Merchandising Street Mobile Display Komunitas Subkultur Canister Magazine Canister Magazine merupakan salah satu majalah subkultur Kota Malang. Sayangnya majalah tersebut kurang dikenal oleh target audiencenya yaitu komunitas subkukltur. Komunitas subkukltur adalah komunitas yang memiliki ideologi dan bersifat dinamis. Sehingga pengenalan produk yang dilakukan haruslah mengikuti perilaku audience. Oleh karena itu diperlukan media alternatif yang bersifat dinamis interaktif dan estetis untuk mempromosikan dan memajang produk Canister Magazine kepada komunitas subkultur. Melalui media alternatif tersebut pemberdayaan terhadap komunitas subkultur juga dapat dilakukan karena sifat media yang dinamis dapat mendatangi scene sekaligus berdiskusi secara produktif dengan harapan untuk dapat berkembang bersama. Tujuan perancangan ini adalah untuk mempromosikan Canister Magazine melalui media alternatif bernama Street Mobile Display beserta merchandise-nya kepada komunitas subkultur sebagai upaya untuk memperkenalkan produk sekaligus melakukan pembedayaan secara produktif. Metode perancangan yang dipilih yaitu metode Perancangan Komunikasi Visual Periklanan mulai dari latar belakang rumusan dan tujuan masalah perancangan sampai desain final perancangan sebagai solusi permasalahan. Perancangan ini terdiri dari media utama yaitu Street Mobile Display merchandise berupa T-Shirt Trucker Cap Notebook Pin Patch Keychain dan Drawstring Bag serta media pendukung seperti Promosi Sosial Media X-Banner Stiker Poster dan Kemasan. Data perancangan ini diperoleh dari observasi wawancara kuisioner dan dokumentasi mengenai Canister Magazine . Perancangan Street Mobile Display dan Merchandise Canister Magazine ini merupakan salah satu wujud solusi kreatif dan estetis terhadap kegiatan promosi yang kurang efektif. Street Mobile Display beserta merchandise-nya merupakan media alternatif dalam upaya mempromosikan Canister Magazine yang kurang dikenal oleh komunitas subkultur di Kota Malang. Sehingga komunitas subkultur akan mengenal dan berinteraksi secara produktif dengan Canister Magazine . Perangkat lunak yang dipakai antara lain Google Sketchup Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator. Proses produksi Street Mobile Display ini melalui tiga tahap yaitu pembuatan sketsa pembuatan proyeksi produk yang akan dikonsultasikan terhadap visualizer dan produksi. Begitupun untuk merchandise melalui tiga tahap yaitu Rough Layout Comprehensive Layout dan Final Design. Hasil akhir dari proses produksi ini adalah media promosi alternatif Street Mobile Display dan merchandise Canister Magazine untuk pemberdayaan komunitas subkultur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14544

Actions (login required)

View Item View Item