Analisis sikap peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PJOK di SMP Negeri 25 Kota Malang / Sera Nimas Anggraini - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis sikap peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PJOK di SMP Negeri 25 Kota Malang / Sera Nimas Anggraini

Anggraini, Sera Nimas (2020) Analisis sikap peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PJOK di SMP Negeri 25 Kota Malang / Sera Nimas Anggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ranah afektif atau sikap sering diabaikan oleh peserta didik pada usia kritis (jenjang SMP). Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMPN 25 Kota Malang menunjukkan bahwa sikap peserta didik yang merujuk pada penyimpangan perilaku di sekolah meliputi perilaku tidak disiplin berupa terlambat datang ke sekolah dan memakai seragam yang tidak sesuai berkelahi perilaku membantah guru serta tidak jarang mereka mengumpat di lingkungan sekolah. Sikap dapat dibentuk melalui mata pembelajaran yang ada di sekolah salah satunya melalui mata pelajaran pendidikan jasmani. Mengetahui perkembangan kompetensi sikap peserta didik menjadi hal yang sangat penting bagi guru sebagai bahan evaluasi pembelajaran. Guru pendidikan jasmani di SMPN 25 Kota Malang belum pernah menggunakan instrumen khusus yang berfokus untuk mengukur ranah afektif sehingga perkembangan kompetensi sikap peserta didik belum diketahui secara spesifik. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi dan mengkaji sikap peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PJOK di SMP Negeri 25 Kota Malang. Sub variabel yang diukur meliputi religius disiplin tanggung jawab peduli santun jujur dan percaya diri. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan metode survei. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 229 orang yang terdiri dari kelas VII VIII dan IX SMP Negeri 25 Kota Malang. Pengumpulan data menggunakan instrumen lembar observasi sebagai instrumen utama serta angket penilaian diri (self assessment) dan angket penilaian antar teman (peer assessment) sebagai instrumen pendukung. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh sikap peserta didik sub variabel religius berada pada kategori amat baik/membudaya dengan persentase 72 49% sub variabel disiplin 53 71% pada kategori amat baik/membudaya sub variabel tanggung jawab 48 03% pada kategori amat baik/membudaya sub variabel peduli 47 16% pada kategori baik/mulai berkembang sub variabel santun 55 02% pada kategori amat baik/membudaya sub variabel jujur 65 94% pada kategori amat baik/membudaya dan sub variabel percaya diri 59 39% pada kategori kurang/belum terlihat. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan sikap peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PJOK di SMP Negeri 25 Kota Malang berada pada kategori baik atau mulai berkembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/145426

Actions (login required)

View Item View Item