Perancangan buku pop up "Oca Sahabat Primata" untuk anak sekolah dasar / Karnellia Siska Kristiningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan buku pop up "Oca Sahabat Primata" untuk anak sekolah dasar / Karnellia Siska Kristiningrum

Kristiningrum, Karnellia Siska (2017) Perancangan buku pop up "Oca Sahabat Primata" untuk anak sekolah dasar / Karnellia Siska Kristiningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kristiningrum Karnellia Siska. 2016 Perancangan Buku Pop Up Oca Sahabat Primata Untuk Anak Sekolah Dasar. Skripsi Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Moch. Abdul Rohman S.Sn. M.Sn. (II) H. J. Hendrawan S.Sn M.Ds. Kata Kunci Pop Up Primata. Menurut IUCN beberapa macam primata asli Indonesia telah masuk daftar punah yaitu Kukang Jawa Orangutan Sumatera dan Simakobu. Pembuatan buku pop ini bertujuan sebagai sarana belajar dan pengenalan anak terhadap jenis primata yang terancam punah. Belum banyak media untuk anak-anak yang membahas primata asli Indonesia maka dari itu perlu dibuat media yang mengenalkan kepada anak tentang beberapa jenis primata asli Indonesia yang terancam punah penyebab dan cara penanganannya. Perancangan media ini menggunakan model prosedural yang bersifat deskriptif milik Yongky Safanayong dan Sanyoto. Sanyoto yang memilih urutan langkah dari penentuan latar belakang dan tujuan masalah perancangan identifikasi data analisa konsep perancangan proses produksi dan desain final. Perancangan ini menghasilkan ensiklopedia yang memuat tema primata asli Indonesia yang terancam punah memiliki dimensi ukuran 24 x 3 x 20 cm terdiri dari 22 halaman. Menggunakan unsur visual kartun dengan pemakaian warna-warna pastel dan cerah yang sesuai untuk anak-anak didukung dengan media lain seperti t-shirt tumbler tas pin x-banner buku panduan dan poster. Melalui hasil perancangan media ini diharapkan anak-anak bisa mengetahui beberapa macam primata asli Indonesia yang terancam punah yaitu Kukang Jawa Orangutan Sumatera Simakobu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14496

Actions (login required)

View Item View Item