penerapan model pembelajaran traditional flipped dibandingkan dengan model pembelajaran peer intruction flipped pengaruhnya terhadap kemampuan pemecahan masalah instalasi penerangan listrik pada siswa kelas xi titl smk taruna jaya prawira (tjp) tuban / tikmanto - Repositori Universitas Negeri Malang

penerapan model pembelajaran traditional flipped dibandingkan dengan model pembelajaran peer intruction flipped pengaruhnya terhadap kemampuan pemecahan masalah instalasi penerangan listrik pada siswa kelas xi titl smk taruna jaya prawira (tjp) tuban / tikmanto

Tikmanto (2021) penerapan model pembelajaran traditional flipped dibandingkan dengan model pembelajaran peer intruction flipped pengaruhnya terhadap kemampuan pemecahan masalah instalasi penerangan listrik pada siswa kelas xi titl smk taruna jaya prawira (tjp) tuban / tikmanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tikmanto. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Traditional Flipped Dibandingkan dengan Model Pembelajaran Peer Intruction Flipped Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Instalasi Penerangan Listrik pada Siswa Kelas XI TITL SMK Taruna Jaya Prawira (TJP) Tuban. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Hakun Elmunsyah S.T. M.T. Pembimbing (II) Drs. Hari Putranto. M.pd. Kata Kunci Model Pembelajaran Traditional Flipped Model Pembelajaran Peer Intruction Flipped dan Kemampuan Pemecahan Masalah IPL. Dalam suatu lembaga pendidikan keberhasilan sebuah proses pembelajaran dapat dilihat dari model pembelajaran yang digunakan. Model pembelajaran yang sesuai dengan penerapan kurikulum 2013 yakni model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan menuntut kemampuan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui deskripsi kemampuan pemecahan masalah IPL dengan model pembelajaran Traditional Flipped kelas XI TITL SMK Taruna Jaya Prawira (TJP) Tuban. (2) Mengetahui deskripsi kemampuan pemecahan masalah IPL dengan model pembelajaran Peer Intruction Flipped kelas XI TITL SMK Taruna Jaya Prawira (TJP) Tuban. (3) Mengetahui Apakah ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah IPL karena pengaruh model pembelajaran Traditional Flipped dibandingkan model pembelajaran Peer Intruction Flipped pada kelas XI TITL SMK Taruna Jaya Prawira (TJP) Tuban. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan pretest posttest non-equivalent control group design. Penelitian ini dilakukan pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik siswa kelas XI TITL SMK Taruna Jaya Prawira (TJP) Tuban dengan populasi seluruh siswa kelas XI TITL dan sampel sebanyak 64 siswa dari kelas XI TITL 1 sebagai kelas eksperimen 1 (model pembelajaran Traditional Flipped) dan kelas XI TITL 2 sebagai kelas eksperimen 2 (model pembelajaran Peer Intruction Flipped). Hasil dari penelitian ini adalah untuk kelas eksperimen 1 siswa yang tuntas mata pelajaran IPL sebelum diberi perlakuan sebesar 11 8% dari keseluruhan siswa setelah diberi perlakuan dengan model pembelajaran Traditional Flipped sebesar 67 7% dari keseluruhan siswa. sedangkan kelas eksperimen 2 siswa yang tuntas mata pelajaran IPL sebelum diberi perlakuan sebesar 14 7% dari keseluruhan siswa setelah diberi perlakuan model pembelajaran Peer Intruction Flipped sebesar 91 2% dari keseluruhan siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa siswa yang memperoleh model pembelajaran Peer Intruction Flipped lebih tinggi tingkat kemampuan pemecahan masalah IPL dibandingkan siswa yang memperoleh model pembelajaran Traditional Flipped.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/144903

Actions (login required)

View Item View Item