Pengembangan media interaktif dengan video pembelajaran berbasis animasi 2d pada kompetensi keahlian tkj mata pelajaran komputer dan jaringan dasar di smkn 2 turen / Revindha Alsrifa Govantry - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media interaktif dengan video pembelajaran berbasis animasi 2d pada kompetensi keahlian tkj mata pelajaran komputer dan jaringan dasar di smkn 2 turen / Revindha Alsrifa Govantry

Govantry, Revindha Alsrifa Govantry (0000) Pengembangan media interaktif dengan video pembelajaran berbasis animasi 2d pada kompetensi keahlian tkj mata pelajaran komputer dan jaringan dasar di smkn 2 turen / Revindha Alsrifa Govantry. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan observasi dan wawancara di SMKN 2 Turen dan SMKN 10 Malang pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar diperoleh bahwa (1) Pembelajaran cenderung menggunakan metode konvensional dengan menggunakan buku ppt dan video dari internet (2) Buku pegangan tidak mencukupi jumlah peserta didik dan terbatas penggunaannya hanya di sekolah (3) Belum tersedia media pembelajaran interaktif dengan mengikuti teknologi yang dapat menarik perhatian peserta didik (4) Terbatasnya waktu alat dan laboratorium membuat beberapa materi belum dipelajari (5) Kurangnya pemanfaatan smartphone dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu pengembangan media pembelajaran yang dapat meningkatkan daya tarik dan pemahaman materi ajar oleh peserta didik merupakan sebuah solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Media pembelajaran berupa media interaktif dengan video animasi 2D cukup efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Beragamnya ilustrasi dalam video animasi 2D dapat membantu pemahaman peserta didik pada materi dan mengatasi kejenuhan pada proses pembelajaran. SMKN 2 Turen dipilih menjadi subjek penelitian dikarenakan belum tersedia media interaktif terutama yang memanfaatkan smartphone sebagai media penunjang belajar peserta didik. Selain itu peneliti sudah familiar dengan lingkungan sekolah tersebut Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mendesain mengembangkan dan menguji tingkat kelayakan media interaktif dengan video pembelajaran berbasis animasi 2D pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan media interaktif dengan penjelasan materi menggunakan video animasi yang dapat diakses menggunakan smartphone dengan sistem android. Hasil pengujian kelayakan oleh ahli media menunjukkan persentase sebesar 100% dengan kriteria sangat valid dan berdasarkkan oleh ahli materi diperoleh persentase sebesar 88% dengan kriteria sangat valid sehingga layak digunakan tanpa revisi. Pada pelaksanaan uji coba perorangan hasil persentase menunjukkan perolehan sebesar 89% dengan kriteria sangat valid uji coba kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 85 8% dengan kriteria sangat valid dan uji coba kelompok besar memperoleh persentase sebesar 86 6% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan data hasil ujii coba tersebut dapat disimpulkan bahwa media interaktif dengan video pembelajaran animasi 2D layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143696

Actions (login required)

View Item View Item