pengembangan media pembelajaran berbasis visual 3d augmented reality mata pelajaran dasar-dasar konstruksi dan teknik pengukuran tanah di smk program keahlian teknologi konstruksi dan properti / muhamad firdana yusuf - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan media pembelajaran berbasis visual 3d augmented reality mata pelajaran dasar-dasar konstruksi dan teknik pengukuran tanah di smk program keahlian teknologi konstruksi dan properti / muhamad firdana yusuf

Yusuf, Muhamad Firdana Yusuf (2021) pengembangan media pembelajaran berbasis visual 3d augmented reality mata pelajaran dasar-dasar konstruksi dan teknik pengukuran tanah di smk program keahlian teknologi konstruksi dan properti / muhamad firdana yusuf. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media pembelajaran perlu digunakan sebagai pendukung penyampaian materi untuk mengurangi kegagalan dalam berkomunikasi dan memaksimalkan proses berlangsungnya dari belajar mengajar. Media pembelajaran Augmented Reality adalah suatu kerangka kerja pembelajaran yang memfasilitasi peserta didik untuk belajar lebih berkualitas dan intuitif bentuk dari media pembelajaran yang dikembangkan menghasilkan aplikasi yang interaktif dengan gambar seolah tampak nyata. Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran dasar-dasar konstruksi bangunan yang layak sebagai mekanisme pembelajaran dan mengetahui keterbacaan siswa terhadap media yang dibuat. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode penelitian pengembangan dari model Lee dan Owens (2004). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X DPIB SMKN 1 Kediri pada mata pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah. Informasi yang diperoleh adalah untuk memutuskan kepraktisan media dengan persetujuan ahli dan untuk memutuskan keterbacaan siswa terhadap media. Tingkat persetujuan ahli materi hasil penelitian adalah 86% termasuk klasifikasi benar-benar dapat dicapai dalam kategori sangat layak. Tingkat hasil penelitian persetujuan ahli media adalah 93% termasuk dalam kategori sangat layak. Tingkat keterbacaan hasil penelitian siswa adalah 84% termasuk klasifikasi kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143675

Actions (login required)

View Item View Item