Pengembangan e-modul menggunakan android berbasis adobe flash untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada kelas xi otkp pada mata pelajaran administrasi keuangan di SMK Negeri 2 Singkawang) - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul menggunakan android berbasis adobe flash untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada kelas xi otkp pada mata pelajaran administrasi keuangan di SMK Negeri 2 Singkawang)

Riska, Mega (2021) Pengembangan e-modul menggunakan android berbasis adobe flash untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada kelas xi otkp pada mata pelajaran administrasi keuangan di SMK Negeri 2 Singkawang). Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Riska Mega. 2021.Pengembangan E-Modul Menggunakan Android Berbasis Adobe Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Kelas XI Administrasi Keuangan di SMK Negeri 2 Singkawang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Yuli Agustina S.E M.M. Kata Kunci E-Modul Android Adobe Flash Hasil Belajar Administrasi Keuangan. Penelitian pengembangan e-modul menggunakan android berbasisAdobe Flashuntuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Administrasi Keuangan ini dilatar belakangi oleh kondisiCovid-19yang terjadi sekarang ini dan mengakibatkan siswa harus melakukan pembelajaran secara daring dirumah. Dengan pembelajaran daring yang dilakukan siswa terjadi penurunan hasil belajar yang dialami siswa di SMK Negeri 2 Singkawang. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Mengembangakan E-Modul berbasisAdobe Flashpada Mata Pelajaran Administrasi Keuangan untuk Kelas XI OTKP di SMK Negeri 2 Singkawang (2) Mengetahui kelayakan e-modul menggunakan android berbasisAdobe Flashuntuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Administrasi Keuangan melalui validasi ahli materi dan ahli media (3) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan modul elektronik dan yang tidak menggunakan modul elektronik pada kelas XI OTKP di SMK Negeri 2 Singkawang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan R amp D dengan mengambil teori dari Borg amp Gall yang dimodifikasi menjadi 7 langkah yaitu (1) Potensi dan Masalah (2) Pengumpulan data (3) Pengembangan format produk awal (4) Validasi dan uji coba produk (5) Revisi hasil uji coba produk (6) Uji coba lapangan skala luas (7) Revisi produk akhir. Selain itu teknik analisis data pada penelitian dan pengembangan dilakukan pada data kualitatif dan kuantitatif. Uji coba produk yang dilakukan yaitu 1) Desain uji coba merupakan hasil penilaian dari validator ahli materi dan media serta uji coba penilaian kelompok kecil 2) Subjek uji coba penelitian yaitu siswa kelas XI OTKP SMK Negeri 2 Singkawang 3) Jenis data yang didapatkan merupakan jenis data kuantitatif dan kualitatif 4) Instrumen pengumpulan data pada pada penelitian ini berupa hasil wawancara dan kuisioner 5) Teknik analisis data yang digunakan untuk melihat perbedaan dari hasil belajar siswa menggunakan ujimann-whitney. Hasil akhir dari penelitian berupa media pembelajaran berupa e-modul berbasisAdobe Flashyang dikemas dan mampu dioperasikan melaluismartphoneandroid yang diperuntukkan untuk mata pelajaran Administrasi Keuangan kelas XI OTKP yang mana difokuskan padaKD 3.6Menganalisis bukti ndash bukti penerimaan dan pengeluaran uang di SMK Negeri 2 Singkawang. Media pembelajaran e-modul berbasisAdobe Flashini dapat diakses secaraofflinedan dapat digunakan dimana saja bagi yang memakai sistem operasi android. Hasil validasi dari ahli materi dan media menunjukkan hasil bahwa aplikasi ldquo sangat valid rdquo sehingga dapat disimpulkan Aplikasi E-Modul ini layak digunakan untuk menunjang pembelajaran. Hal ini berdasarkan oleh hasil penilaian validasi ahli media yang diperoleh nilai sebesar 87 5% validasi ahli materi diperoleh nilai sebesar 92 5% sehingga pengembangan media pembelajaran e-modul berbasis android layak untuk digunakan.Hasil analisis kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Hasil analisis kelas eksperimen setelah di uji melalui ujimen-whitneymenunjukkan perolehan sig 0 004 yang berarti memiliki perbedaan hasil belajar yang sangat signifikan dimana hasil yang diperoleh kelas eksperimen diatas nilai rata ndash rata. Sedangkan kelas kontrol nilai yang diperoleh siswa dibawah rata ndash rata. Saran yang diberikan untuk pengembangan produk selanjutnya diharapkan melakukan pengembangan untuk mata pelajaran yang berbeda dan dapat mengembangkan desain dan fungsi ndash fungsi lain yang lebih menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Aug 2021 04:29
Last Modified: 15 Aug 2023 02:43
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143549

Actions (login required)

View Item View Item