Pengembangan e-module teknologi perkantoran berbasis flip pdf professional untuk meningkatkan self-regulated learning (studi peserta didik kelas x smk muhammadiyah 3 singosari) / Vanessa Anta Salsabiila - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-module teknologi perkantoran berbasis flip pdf professional untuk meningkatkan self-regulated learning (studi peserta didik kelas x smk muhammadiyah 3 singosari) / Vanessa Anta Salsabiila

Salsabiila, Vanessa Anta Salsabiila (0000) Pengembangan e-module teknologi perkantoran berbasis flip pdf professional untuk meningkatkan self-regulated learning (studi peserta didik kelas x smk muhammadiyah 3 singosari) / Vanessa Anta Salsabiila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Salsabiila Vanessa Anta. 2021. Pengembangan E-Module Teknologi Perkantoran Berbasis Flip PDF Profesioanl untuk meningkatkan Self-Regulated Learning (Studi Peserta Didik Kelas X SMK Muhammadiyah 3 Singosari). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Mohammad Arief M.Si Kata Kunci Penelitian dan Pengembangan E-Module Flip PDF Profesional Self-Regulated Learning Teknologi Perkantoran Pandemi Covid-19 menjadi sebuah tantangan dalam beberapa aspek termasuk dalam bidang pendidikan. Belajar dari rumah merupakan salah satu kebijakan yang dapat diambil untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Adapun kendala dalam melakukan kebijakan tersebut yaitu media pembelajaran yang kurang memadai dapat berpengaruh terhadap kemandirian belajar peserta didik. Berkaitan dengan hal tersebut maka diperlukan adanya pengembangan lebih lanjut pada media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang sedang berkembang saat ini. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan e-module Teknologi Perkantoran berbasis Flip PDF Professional untuk peserta didik kelas X Otmatisasi Tata Kelola Perkantoran SMK Muhammadiyah 3 Singosari (2) Mengetahui kelayakan e-module Teknologi Perkantoran kelas X SMK Muhammadiyah 3 Singosari melalui validasi ahli materi dan ahli e-module (3) Mengetahui perbedaan Self-Regulated learning antara siswa yang menggunak e-module Teknologi Perkantoran berbasi Flip PDF Professional dengan siswa yanng tidak menggunakan e-module Teknoogi Perkantoran berbasis Flip PDF Professional. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (R D) yang Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (R D) yang terdiri dari 8 langkah yaitu (1) Penelitian dan Pengumpulan Informasi (2) Perencanaan (3) Pengembangan Format Produk Awal (4) Uji Coba Lapangan (5) Revisi Hasil Uji Coba (6) Uji Coba Lapangan (7) Revisi Produk Hasil Uji Coba Lapangan (8) Uji Coba Pemakaian. Subjek uji coba adalah siswa SMK Muhammadiyah 3 Singosari Kelas X OTKP 1 dan Kelas X OTKP 2 yang sedang menempuh mata pelajaran Teknologi Perkantoran. Jenis data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data kualitatif didapatkan dari kritik dan saran melalui wawancara dan kuisioner yang kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Teknik analisis kuantitatif didapatkan dari hasil instrumen validasi ahli media validasi ahli materi instrumen penilaian peserta didik terhadap E-Module instrumen kemandirian belajar yang kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif presentase. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah E-Module yang dibuat dengan software Flip PDF Profesional dan mengemas materi 3 Kompetensi Dasar yaitu 3.6 Menerapkan Pengoperasian Aplikasi Bahan Cetak 3.7 Menganalisis Informasi dari Internet untuk Menunjang Pekerjaan Kantor dan 3.8 Menerapkan Pengoperasian Transaksi Online yang dikemas secara menarik serta dapat digunakan pada laptop secara online sehingga peserta didik bisa mengakses aplikasi kapanpun dan dimanapun. Selain itu e-module Teknologi Perkantoran berbasis Flip PDF Professional ini didesain dengan kombinasi warna yang menarik dan sesuai agar pengguna semangat untuk mempelajari materi yang tersedia serta tidak mudah merasa bosan. Hasil validasi ahli materi ahli media dan 6 siswa uji coba kelompok kecil adalah Sangat Valid sehingga disimpulkan bahwa e-module Teknologi Perkantoran berbasis Flip PDF Professional layak digunakan dalam pembelajaran Teknologi Perkantoran Kelas X OTKP. Sedangkan hasil perbedaan kemandirian menunjukan kemandirian kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol sehingga dapat disimpulkan bahwa kemandirian belajar peserta didik terdapat perbedaan antara kelas yang menggunakan e-module Teknologi Perkantoran berbasis Flip PDF Professional dan yang tidak Menggunakan e-module Teknologi Perkantoran berbasis Flip PDF Professional. Saran yang dapat diberikan kepada peneliti selanjutnya adalah mengembangkan bahan ajar pada sistem operasi lainnya seperti smartphone iOS dan menyajikan materi mata pelajaran lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143535

Actions (login required)

View Item View Item