Rahayu, Endang Sri (2020) Pengembangan e-modul berbasis epub (electronic publication) pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen / Endang Sri Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian pengembangan E-Modul berbasis Electronic Publication ini dilatar belakangi oleh peserta didik yang belum memiliki buku atau E-Modul sebagai bahan ajar pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah 1) Menghasilkan media pembelajaran E-Modul berbasis Electronic Publication pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen 2) Mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berupa E-Modul berbasis Electronic Publication 3) Mengetahui respon peserta didik terhadap E-Modul berbasis Electronic Publication untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini menggunakan desain penelitian ADDIE yang dikembangkan oleh Dick And Carey (1996) dan terdiri dari lima tahap yakni 1) Analysis 2) Design 3) Developmen 4) Implementation dan 5) Evaluation. Tahap (1) Analysis dilakukan melalui observasi lapangan pada mata pelajaran guru dan peserta didik. Tahap (2) Design dilakukan dengan cara menyusun rancangan pengembangan produk. Tahap (3) Developmen dilakukan dengan merealisasikan konsep yang telah dibuat pada tahap sebelumnya hingga menjadi produk yang siap diimplementasikan. Tahap (4) Implementation dilakukan dengan menguji cobakan produk yang sudah jadi dan telah direvisi sebelumnya pada peserta didik kelas XII OTKP di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Tahap (5) Evaluation dilakukan untuk mengetahui hasil penelitian dan respon peserta didik terhadap produk yang telah dikembangkan. Hasil uji validasi menunjukan bahwa validasi oleh ahli materi dalam produk E-Modul yang dikembangkan sebesar 100% validasi oleh ahli media sebesar 99% tingkat validasi oleh ahli materi dari guru mata pelajaran sebesar 85 217% penelitian yang dilakukan kepada pesereta didik menunjukan hasil sebesar 86 741% . produk yang telah dikembangkan menunjukan hasil rata-rata 92 739% sehingga dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan layak dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Respon dari pengguna sangat baik dan mendapatkan respon yang positif yaitu E-Modul sangat bagus mudah dipelajari dan sangat membantu dalam pembelajaran mandiri sehingga menunjang pembelajaran dengan efektif. Saran dari pengguna yaitu dibuat lebih menarik lagi dengan menambah soal dan pembahasan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Sep 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/143503 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |