pengembangan mobile learning berbasis problem based learning pada materi perubahan lingkungan untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa kelas x sma negeri 10 malang / ayu noerfitriah - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan mobile learning berbasis problem based learning pada materi perubahan lingkungan untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa kelas x sma negeri 10 malang / ayu noerfitriah

Noerfitriah, Ayu Noerfitriah (2021) pengembangan mobile learning berbasis problem based learning pada materi perubahan lingkungan untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa kelas x sma negeri 10 malang / ayu noerfitriah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil observasi didapatkan informasi bahwa keterampilan berpikir kritis siswa SMA Negeri 10 Malang masih tergolong rendah. Rendahnya tingkat keterampilan beprikir kritis siswa dikarenakan kurang optimalnya media pembelajaran yang digunakan guru. Solusi dari permasalahan ini adalah dengan menghasilkan media pembelajaran yang mampu melatih keterampilan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk aplikasi mobile learning berbasis problem based learning yang valid praktis dan efektif untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa pada materi perubahan lingkungan. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Lee dan Owen. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 10 Malang berjumlah 33 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar wawancara angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan meliputi teknik analisis deskriptif kuantitatif perhitungan persentase dan perhitungan n-gain score serta teknik analisis deskriptif kualitatif yang diperoleh dari komentar maupun saran. Hasil uji kevalidan oleh ahli media sebesar 100% ahli materi sebesar 93% dan ahli asesmen sebesar 93 1%. Hasil uji kepraktisan menunjukkan bahwa aplikasi mobile learning yang dikembangkan mudah diinstall dan digunakan persentase hasil kepraktisan sebesar 92 67% dan 92 03%. Hasil uji keefektifan menggunakan perhitungan n-gain score diperoleh rerata skor sebesar 0 77 dengan kriteria keefektifan dan sebagian besar siswa mengalami peningkatan pada setiap indikator berpikir kritis yang digunakan. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa mobile learning berbasis PBL yang dikembangkan valid praktis dan efektif untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143468

Actions (login required)

View Item View Item