Pembelajaran dinamika rotasi melalui interactive demonstration dengan diagram gaya melalui real dan virtual lab untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas XI / Diana Eka Saputri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran dinamika rotasi melalui interactive demonstration dengan diagram gaya melalui real dan virtual lab untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas XI / Diana Eka Saputri

Saputri, Diana Eka (2020) Pembelajaran dinamika rotasi melalui interactive demonstration dengan diagram gaya melalui real dan virtual lab untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas XI / Diana Eka Saputri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Siswa perlu memiliki pemahaman konsep yang baik pada topik dinamika rotasi agar dapat menjelaskan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari. Permasalahan-permasalahan dalam dinamika rotasi yang dikemas dengan berbagai konteks dan kompleksitas yang ada dapat diselesaikan dengan baik oleh siswa yang memiliki pemahaman konsep yang baik. Siswa yang memiliki pemahaman konsep yang baik mampu memilah-milah konsep mana yang cocok untuk menyelesaikan persoalan yang ada. Melalui penelitian ini dilakukan pembelajaran interactive demonstration yang mengkonstruksi pengetahuan siswa dari dinamika partikel ke dinamika rotasi. Pembelajaran interactive demonstration menampilkan fenomena fisis dan siswa terlibat dalam pembelajaran melalui penjelasan dan pembuatan prediksi fenomena yang ditampilkan. Pembelajaran menggunakan representasi diagram gaya untuk menganalisis gaya-gaya yang bekerja pada benda sebagai besaran vektor mengingat dinamika rotasi tidak lepas dari gaya dan torka. Penampilan fenomena-fenomena dalam pembelajaran ditampilkan menggunakan real dan virtual lab. Virtual lab digunakan untuk menampilkan fitur-fitur yang tidak bisa diperoleh melalui penggunakan real lab. Desain penelitian menggunakan mixed method tipe embedded experimental model. Penelitian dilakukan pada 29 siswa kelas XI SMAN 1 Karangrejo Kabupaten Tulungagung semester ganjil tahun 2019/2020. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes pemahaman konsep dan pedoman wawancara. Soal tes terdiri dari 9 soal pilihan ganda beralasan yang diadaptasi dari jurnal maupun penelitian terdahulu. Validitas isi dan konstruk 9 butir soal yang digunakan dinyatakan valid. Seluruh butir soal yang digunakan valid dan reliabel dengan koefisien cornbach s alpha 0.610. Data kuantitatif diperoleh dari hasil pretest dan posttest yang dianlisis menggunakan statistik deskriptif uji beda paired sample t test skor pretest-posttest dan nilai N-gain. Data kualitatif diperoleh dari alasan siswa dalam memilih opsi jawaban pada pretest maupun posttest serta hasil wawancara dengan subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman konsep dinamika rotasi siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan pembelajaran. Rata-rata pemahaman konsep siswa meningkat dari 2.31 menjadi 4.24 (skor dalam kategori 0-9). Skor pemahaman konsep siswa berbeda secara statistik dengan hasil uji beda paired sample t test diperoleh nilai p 0.000. Peningkatan skor pretest ke posttest siswa tergolong dalam kategori rendah dengan rata-rata gain ternormalisasi 0.2759. Soal-soal yang mengalami peningkatan presentase pemahaman konsep diantaranya adalah soal nomor 1 5 7 2 9 dan 4. Kesulitan-kesulitan yang masih dialami siswa diantaranya (1) kesulitan menetukan torka apabila gaya yang ada belum ditampilkan secara eksplisit dalam bentuk diagram gaya (2) kesulitan mengidentifikasi besaran-besaran yang mempengaruhi momen inersia benda tegar berdasarkan I kmR2 (3) kesulitan menentukan pengaruh resultan torka terhadap percepatan sudut kaitannya dengan hukum II Newton gerak rotasi dan (4) kesulitan mengidentifikasi kondisi benda dalam kesetimbangan pada konteks selain jungkat-jungkit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143373

Actions (login required)

View Item View Item