Kurniawati, Mega Putri Kurniawati (2021) pengembangan buku ajar cetak berbasis free-body diagrams untuk mahasiswa pada topik dinamika partikel / mega putri kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Free-body diagrams (FBDs) merupakan salah satu bentuk proses berpikir dengan representasi diagram digunakan untuk menganalisis permasalahan gaya dan gerak benda dalam dinamika partikel. Namun penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa mahasiswa masih sering kali mengalami kesulitan dalam menggunakan FBDs. Kesulitan ini menyebabkan terjadinya kesalahan konsep yang digunakan oleh mahasiswa dalam peroses pemecahan masalah yang dilakukan. Buku ajar yang digunakan dan telah dikembangkan selama ini tidak menjelaskan tahapan FBDs secara rinci dan runtut serta kurangnya latihan pemecahan masalah yang mengarah pada bantuan penggunaan FBDs. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar berbasis FBDs dan menguji validitas serta keterbacaan buku. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R amp D) dengan model 4-D. Data validitas produk diperoleh dari dua validator ahli (dosen) dan mahasiswa jurusan fisika UM yang telah menempuh topik dinamika partikel dengan instrumen berupa lembar validasi dan keterbacaan. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif produk yang dinilai dari aspek konten tampilan dan bahasa yang digunakan dengan menggunakan kriteria skala Likert. Data kualitatif dianalisis sebagai dasar revisi produk dan data kuantitatif dianalisis untuk memperoleh presentase validitas dan keterbacaan. Hasil penelitian berupa produk buku ajar berbasis FBDs untuk mahasiswa pada topik dinamika partikel dengan kelebihan (1) dapat digunakan secara mandiri (2) pemberian bantuan pemecahan masalah dengan tahapan FBDs (3) soal latihan yang diberikan relatif banyak (4) desain tema dan tata letak yang menarik. Hasil uji kelayakan produk dengan presentase validitas sebesar 94% dengan kriteria sangat valid dan presentase keterbacaan sebesar 88% dengan kriteria sangat terbaca. Berdasarkan keseluruhan uji kelayakan buku ajar yang telah dikembangkan sudah layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/143370 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |