identifikasi level pemahaman konsep dan resources mahasiswa pada topik hukum faraday dan hukum lenz / puspita hidayati - Repositori Universitas Negeri Malang

identifikasi level pemahaman konsep dan resources mahasiswa pada topik hukum faraday dan hukum lenz / puspita hidayati

Hidayati, Puspita Hidayati (2021) identifikasi level pemahaman konsep dan resources mahasiswa pada topik hukum faraday dan hukum lenz / puspita hidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengidentifikasi level pemahaman konsep Mahasiswa Jurusan Fisika khususnya dalam materi hukum Faraday dan hukum Lenz yang ditinjau dari level pemahaman dan resource yang teraktivikasi oleh mahasiswa. Subjek penelitian ini adalah 65 mahasiswa jurusan fisika Universitas Negeri Malang yang sedang menempuh mata kuliah fisika dasar III. Penelitian ini dilakukan melalui metode survey dengan menggunakan tes pemahaman konsep. Instrumen yang digunakan dalam tes pemahaman konsep adalah 10 butir soal pilihan ganda beralasan mengenai hukum Faraday dan hukum Lenz. Dalam penelitian ini dihasilkan data kuantitatif yang berasal dari skor jawaban benar mahasiswa dalam menjawab tes pemahaman konsep serta data kualitatif yang berasal dari alasan mahasiswa dalam menjawab tes pemahaman konsep. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunujukan bahwa rata-rata pemahaman konsep mahasiswa berada pada kategori sangat rendah dengan presentase sebaesar 44%. Dari alasan yang diberikan oleh mahasiswa dalam menjawab soal diketahui bahwa pemahaman konsep mahasiswa belum merata. Hal ini terlihat dari Level pemahaman konsep mahasiswa dalam menjawab. Level pemahaman konsep soal nomer 8 adalah sebagai berikut PM 0 % PS 4 61% PSMS 13 84% MS 27 69% dan TP 53 85%. Untuk Level pemahaman konsep mahasiswa dalam menjawab soal nomer 10 adalah sebagai berikut PM 1 54% PS 4 61% PSMS 38 46% MS 30 82% dan TP 24 62%. Salah satu resource yang teraktifikasi oleh mahasiswa mahasiswa menganggap bahwa adanya medan magnet akan menimbulkan fenomena induksi elektromagnetik selain itu Penggunaan teori resource dalam mengidentifikasi level pemahaman mahasiswa adalah untuk mengetahui potongan-potongan pengetahuan yang diaktifikasi oleh mahasiswa dalam menyelesaikan tes pemahaman konsep.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengidentifikasi level pemahaman konsep Mahasiswa Jurusan Fisika khususnya dalam materi hukum Faraday dan hukum Lenz yang ditinjau dari level pemahaman dan resource yang teraktivikasi oleh mahasiswa. Subjek penelitian ini adalah 65 mahasiswa jurusan fisika Universitas Negeri Malang yang sedang menempuh mata kuliah fisika dasar III. Penelitian ini dilakukan melalui metode survey dengan menggunakan tes pemahaman konsep. Instrumen yang digunakan dalam tes pemahaman konsep adalah 10 butir soal pilihan ganda beralasan mengenai hukum Faraday dan hukum Lenz. Dalam penelitian ini dihasilkan data kuantitatif yang berasal dari skor jawaban benar mahasiswa dalam menjawab tes pemahaman konsep serta data kualitatif yang berasal dari alasan mahasiswa dalam menjawab tes pemahaman konsep. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunujukan bahwa rata-rata pemahaman konsep mahasiswa berada pada kategori sangat rendah dengan presentase sebaesar 44%. Dari alasan yang diberikan oleh mahasiswa dalam menjawab soal diketahui bahwa pemahaman konsep mahasiswa belum merata. Hal ini terlihat dari Level pemahaman konsep mahasiswa dalam menjawab. Level pemahaman konsep soal nomer 8 adalah sebagai berikut PM 0 % PS 4 61% PSMS 13 84% MS 27 69% dan TP 53 85%. Untuk Level pemahaman konsep mahasiswa dalam menjawab soal nomer 10 adalah sebagai berikut PM 1 54% PS 4 61% PSMS 38 46% MS 30 82% dan TP 24 62%. Salah satu resource yang teraktifikasi oleh mahasiswa mahasiswa menganggap bahwa adanya medan magnet akan menimbulkan fenomena induksi elektromagnetik selain itu Penggunaan teori resource dalam mengidentifikasi level pemahaman mahasiswa adalah untuk mengetahui potongan-potongan pengetahuan yang diaktifikasi oleh mahasiswa dalam menyelesaikan tes pemahaman konsep.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143357

Actions (login required)

View Item View Item