muhassin?t lafdziyyah dalam al-quran juz 29 (studi analisis balaghah) / rizka farhana - Repositori Universitas Negeri Malang

muhassin?t lafdziyyah dalam al-quran juz 29 (studi analisis balaghah) / rizka farhana

Farhana, Rizka Farhana (0000) muhassin?t lafdziyyah dalam al-quran juz 29 (studi analisis balaghah) / rizka farhana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Al-Quran juz 29 berisi surah-surah dengan variasi keindahan lafadz keserasian bunyi (rima) yang sesuai dengan kefasihan makhrajnya serta terdengar unik ketika dibaca dan didengar sehingga perlu untuk dikaji lebih dalam mengenai keindahan susunan ayatn ya. Kajian mengenai keindahan lafadz dalam Al-Quran disebut dengan muhassin t lafdziyyah. Dalam ilmu balaghah Muhassin t lafdziyyah masuk dalam pembahasan ilmu badi rsquo . Penelitian ini bertujuan mengetahui bentuk dan fungsi muhassin t lafdizyah dalam Al-Quran juz 29. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan memanfaatkan sumber kepustakaaan sedangkan sumber dari penelitian ini adalah Al-Quran. Data yang diperoleh di kelompokkan sesuai jenisnya dalam bentuk tabel kemudian diklasifikasikan berdasarkan jenisnya. Berdasarkan hasil penelitian dalam Al-Quran juz 29 terdapat 4 jenis muhassin t lafdziyyah yaitu (1) jinas (2) saja rsquo (3) muwazanah dan (4) raddu al- lsquo ajz lsquo ala ash-shadr . Ditemukan 2 macam jinas dalam Al-Quran juz 29 yaitu (1) jinas tam dan (2) jinas ghairutam. Peneliti juga menemukan tiga klasifikasi saja rsquo yakni (1) saja rsquo mutharraf (2) saja rsquo murashsha rsquo dan (3) saja rsquo mutawazi sedangkan muwazanah dan raddu al- lsquo ajz lsquo ala ash-shadr tidak ditemukan pembagian klasifikasinya. Fungsi utama dari muhassin t lafdziyyah adalah menciptakan nilai keindahan pada susunan katanya keserasian yang terbentuk memberikan kesan khusus bagi pembaca dan pendengar untuk terfokus pada bacaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143266

Actions (login required)

View Item View Item