Pemanfaatan multiteks nonsastra dan metode self-pacing untuk peningkatan minat dan kemampuan membaca cepat kelas XI SMAN 1 Pronojiwo, Kabupaten Lumajang tahun ajaran 2009/2010 / Dini Agustin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan multiteks nonsastra dan metode self-pacing untuk peningkatan minat dan kemampuan membaca cepat kelas XI SMAN 1 Pronojiwo, Kabupaten Lumajang tahun ajaran 2009/2010 / Dini Agustin

Agustin, Dini (2010) Pemanfaatan multiteks nonsastra dan metode self-pacing untuk peningkatan minat dan kemampuan membaca cepat kelas XI SMAN 1 Pronojiwo, Kabupaten Lumajang tahun ajaran 2009/2010 / Dini Agustin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Membaca cepat adalah kegiatan membaca dengan memperhitungkan waktu tertentu tanpa mengabaikan pemahaman terhadap suatu bacaan. Kecepatan membaca seseorang biasanya diukur dengan cara menghitung jumlah kata per menit dengan pemahaman berkisar 75 persen. Siswa SMA dituntut untuk membaca cepat dengan kecepatan yang memadai yaitu 300 kata per menit. Di SMA kemampuan membaca cepat merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa. Kemampuan tersebut sangat penting untuk mengembangkan diri siswa baik untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi maupun untuk memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan. Berdasarkan uraian tersebut penelitian ini perlu diadakan yang berkaitan dengan kemampuan membaca cepat dan minat baca siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Alasan penggunaan dua pendekatan tersebut adalah dari sebagian data menggunakan analisis data kualitatif dan ada sebagian data menggunakan pendekatan kuantitatif. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas belajar dan kualitas hasil belajar membaca cepat siswa dengan menggunakan multiteks nonsastra dan metode self-pacing. Multiteks nonsastra pada penelitian ini adalah sebagai media membaca cepat ataupun media untuk meningkatkan minat baca siswa. Self-pacing berperan sebagai metode untuk digunakan dalam meningkatkan kemampuan membaca cepat siswa. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan diperoleh temuan seabagai berikut (1) siswa dapat meningkatkan minat membaca dengan multieks nonsastra (2) siswa lebih berani dalam mengungkapkan isi teks yang telah dibaca (3) siswa aktif dalam kegiatan belajar membaca cepat multiteks nonsastra dengan menggunakan metode self-pacing (4) setelah diberikan tindakan dengan pemberian multiteks nonsastra dan metode self-pacing siswa bersungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas (5) kecepatan membaca siswa meningkat setelah diberkan multiteks nonsastra dan metode self-pacing (6) pemahaman siswa mengalami peningkatan setelah diberikan multiteks nonsastra dan metode self-pacing dan (7) evaluasi hasil belajar membaca cepat siswa dilihat dari kemampuan siswa dan nilai yang diperoleh dari kegiatan membaca cepat dan mengerjakan tes pemahaman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca cepat dan minat baca mengalami peningkatan. Hal itu dapat dilihat dari persentase rata-rata kecepatan membaca pemahaman siswa dan angket minat baca. Pada tindakan siklus I kecepatan membaca siswa mengalami peningkatan jika dibandingkan pada pratindakan. Rata-rata kecepatan siswa pada siklus I yaitu 285 kpm dan rata-rata pemahaman 66 7. Pada minat baca siswa mencapai 56 66% yaitu jumlah siswa yang suka membaca. Pada tindakan siklus II rata-rata kecepatan membaca siswa meningkat menjadi 328 kpm dan rata-rata pemahaman siswa meningkat menjadi 84. Penggunaan multiteks nonsastra dapat meningkatkan minat baca siswa dengan pencapaian 86 66% yaitu siswa yang suka membaca. Dari hasil penelitian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa multiteks nonsastra dan metode self-pacing dapat meningkatkan kemampuan membaca cepat dan minat baca siswa. Hal tersebut dilihat dari penggunaan multiteks nonsastra dan metode self-pacing pada saat pembelajaran membaca cepat berlangsung. Sesuai dengan tujuan penelitian ini dapat meningkatkan kemampuan membaca cepat yang tidak mengabaikan pemahaman dan dapat meningkatkan minat baca siswa. Selain itu dapat dilihat dari keaktifan siswa antusiasme siswa kesungguhan dan perhatian siswa selama proses pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143180

Actions (login required)

View Item View Item