Peningkatan kemampuan berargumentasi dengan teknik advokasi pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Malang / Fifin Endriana - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan berargumentasi dengan teknik advokasi pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Malang / Fifin Endriana

Endriana, Fifin (2011) Peningkatan kemampuan berargumentasi dengan teknik advokasi pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Malang / Fifin Endriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci berargumentasi teknik advokasi debat Berbicara merupakan salah satu aspek dalam keterampilan berbahasa yang memiliki kedudukan sama pentingnya dengan ketiga aspek berbahasa lainnya yakni membaca menulis dan mendengar. Berbicara sangat penting dikuasai oleh setiap orang dalam rangka menyampaikan pikiran secara lisan ketika melakukan kegiatan komunikasi. Dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah keterampilan berbicara sangat diperlukan oleh siswa untuk memperlancar kegiatan belajar misalnya dalam kegiatan berargumentasi. Selanjutnya dalam rangka meningkatkan kemampuan beragumentasi siswa maka diperlukan teknik yang sesuai salah satunya dengan penerapan teknik advokasi. Teknik advokasi bertujuan memberikan bimbingan kepada siswa untuk memperkuat argumentasinya dengan memberikan alasan yang jelas bukti yang kuat dan solusi yang efektif. Berdasarkan penjelasan tersebut maka tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berargumentasi dengan teknik advokasi pada siswa kelas VIII B SMPN 1 Malang yang dilihat dari aspek kesesuaian argumentasi dengan topik dan pernyataan pemberian alasan pemberian bukti serta pemberian solusi. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui dua siklus. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif yang berasal dari data sebelum tindakan data tindakan (proses) dan data setelah tindakan dilakukan. Data kualitatif diperoleh dari bimbingan dengan teknik advokasi yang diberikan guru kepada siswa (data proses). Teknik advokasi yang diberikan guru antara lain bimbingan untuk memilih topik yang menarik bimbingan untuk menyusun alasan yang jelas bimbingan untuk memberikan bukti yang kuat dan bimbingan untuk memberikan solusi yang efektif. Selanjutnya data kuantitatif berasal dari pemberian skor terhadap argumentasi yang disampaikan oleh siswa (data setelah tindakan). Setelah data terkumpul maka dilakukan analisis data melalui pengorganisasian data dengan cara mengurutkan data yang masuk pengelompokan dan penglasifikasian data berdasarkan aspek yang dinilai. Berdasarkan analisis data yang dilakukan maka dapat diketahui seberapa besar peningkatkan kemampuan berargumentasi siswa kelas VIII B SMPN 1 Malang. Persentase rata-rata yang diperoleh siswa pada saat pratindakan sebesar 60% siklus 1 meningkat menjadi 65% dan siklus 2 meningkat menjadi 83%. Berdasarkan hasil tersebut dan sesuai dengan tujuan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa teknik advokasi telah mampu meningkatkan kemampuan berargumentasi siswa kelas VIII B SMPN 1 Malang. Hal tersebut bisa dilihat dari 1) meningkatnya kemampuan berargumentasi sesuai dengan topik dan pernyataan pada siklus 1 hanya 50% siswa yang mampu berargumentasi sesuai topik dan pernyataan sedangkan pada siklus 2 meningkat menjadi 91% 2) meningkatnya kemampuan berargumentasi disertai alasan yang kuat pada siklus 1 hanya 34% siswa yang mampu berargumentasi disertai alasan yang kuat sedangkan pada siklus 2 meningkat menjadi 79% 3) meningkatnya kemampuan berargumentasi disertai bukti yang jelas pada siklus 1 hanya 11% siswa yang mampu berargumentasi disertai bukti yang jelas sedangkan pada siklus 2 meningkat menjadi 63% dan 4) meningkatnya kemampuan berargumentasi disertai solusi yang efektif pada siklus 1 belum ada siswa yang mampu memberikan solusi secara efektif sedangkan pada siklus dua sebesar 34%. Dari hasil di atas menunjukkan bahwa peningkatan tersebut belum maksimal terutama pada aspek pemberian solusi sehingga ada beberapa saran untuk pengajar Bahasa Indonesia siswa dan penelitian lanjutan. Bagi pengajar Bahasa Indonesia diharapkan mampu memberikan bimbingan secara maksimal mulai dari pemilihan topik sampai penyusunan argumentasi disertai alasan yang kuat bukti yang jelas dan solusi yang efektif. Pengajar Bahasa Indonesia harus mampu mencarikan topik yang menarik menantang dan up to date untuk diperdebatkan. Selain itu topik yang diambil dan digunakan harus dekat dengan kehidupan siswa sehingga siswa tidak kesulitan untuk memberikan argumentasi yang sesuai dengan topik disertai alasan bukti dan solusi yang tepat. Bagi siswa diharapkan bisa berlatih dan terus mengembangkan kemampuan berargumentasinya dengan memanfaatkan teknik advokasi dengan baik. Selain mendapatkan bimbingan dari guru siswa diharapkan mampu memperhatikan dan memahami komponen yang harus dipenuhi untuk mencapai suatu argumentasi yang baik serta terus memperluas pengetahuan. Selanjutnya peneliti sangat berharap adanya penelitian lanjutan untuk lebih membuktikan keefektifan teknik advokasi tentunya dengan memperbaiki perencanaan dan pelaksanaan pada penelitian terutama dalam hal pemberian bimbingan pada siswa untuk menyusun argumentasi dengan alasan yang kuat bukti yang jelas dan solusi yang efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143134

Actions (login required)

View Item View Item