Peningkatan kemampuan menulis karangan eksposisi dengan menggunakan teknik pembelajaran berbasis inkuiri pada siswa kelas X SMA Laboratorium UM / Karimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis karangan eksposisi dengan menggunakan teknik pembelajaran berbasis inkuiri pada siswa kelas X SMA Laboratorium UM / Karimah

Karimah (2011) Peningkatan kemampuan menulis karangan eksposisi dengan menggunakan teknik pembelajaran berbasis inkuiri pada siswa kelas X SMA Laboratorium UM / Karimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kemampuan menulis karangan eksposisi pembelajaran berbasis inkuiri Pembelajaran menulis karangan eksposisi diajarkan kepada siswa kelas X di SMA Laboratorium UM sesuai dengan KTSP. Terkait dengan pembelajaran menulis karangan eksposisi di sekolah tersebut dilakukan studi pendahuluan dengan hasil bahwa (1) pembelajaran menulis karangan eksposisi kurang menumbuhkan minat siswa dalam menulis karangan eksposisi (2) guru masih belum mengajarkan KD tersebut secara utuh (3) siswa belum memahami dengan baik tentang paragraf eksposisi dan jenis-jenisnya (4) tidak ada bimbingan khusus dari guru dalam menulis karangan eksposisi dan (5) terdapat 58 97 % yang mengalami kesulitan dalam menulis karangan eksposisi sehingga siswa tersebut memperoleh nilai di bawah KKM. Masalah yang muncul pada hasil menulis karangan eksposisi siswa adalah informasi yang diperoleh siswa berdasarkan pengetahuan umum yang kurang jelas dan cenderung tidak berdasarkan data faktual melainkan dari hasil karangan atau jiplakan dari media massa sehingga hasil karangan mereka kurang mencerminkan karangan eksposisi yang sebenarnya. Oleh karena itu permasalahan tersebut diatasi dengan penggunaan teknik pembelajaran berbasis inkuiri agar siswa dapat memperoleh informasi secara nyata berdasarkan temuannya sendiri sebagai bahan untuk karangan eksposisi mereka. Teknik pembelajaran berbasis inkuiri ini menggunakan lingkungan sekolah sebagai sumber informasi. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah meningkatkan kemampuan menulis karangan eksposisi dengan menggunakan teknik pembelajaran berbasis inkuiri pada siswa kelas X SMA Laboratorium UM sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan eksposisi dengan menggunakan teknik pembelajaran berbasis inkuiri pada siswa kelas X SMA Laboratorium UM. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi lima hal yaitu (1) studi pendahuluan (2) perencanaan tindakan (3) pelaksanaan tindakan (4) pengamatan dan (5) refleksi hasil tindakan. Data dalam penelitian ini berupa hasil kegiatan studi pendahuluan proses pembelajaran menulis karangan eksposisi yang dilakukan guru dan siswa di kelas dan hasil karangan eksposisi siswa dan refleksi yang dilakukan oleh peneliti dan guru bidang studi serta mitra peneliti lain. Pengumpulan data proses dilakukan dengan observasi yang menggunakan pedoman observasi dan catatan lapangan sedangkan data hasil dilakukan dengan studi dokumen dengan menggunakan rubrik penilaian hasil menulis karangan eksposisi. Data proses dan hasil yang telah dikumpulkan dianalisis dengan mengorganisasi mengelompokkan memaparkan dan menarik kesimpulan. Pada pratindakan diperoleh hasil bahwa 7 siswa berhasil menulis karangan eksposisi dengan nilai A 9 siswa dengan nilai B sedangkan siswa yang belum berhasil mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yakni sebanyak 23 siswa (70%) dengan rincian 5 siswa memperoleh nilai C dan 18 orang siswa memperoleh nilai D . Rata-rata kelas yaitu 60 25. Dari hasil yang diperoleh siswa tersebut terlihat bahwa tingkat kemampuan siswa kelas X-8 dalam menulis karangan eksposisi masih rendah dan membutuhkan tindakan perbaikan berupa pembelajaran keterampilan menulis karangan eksposisi siklus I. Pada siklus I diperoleh rata-rata kelas 79 05. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dibandingkan dengan hasil pada pratindakan. Selain itu diperoleh hasil bahwa jumlah siswa yang masuk dalam kategori berhasil mengalami peningkatan sebanyak 17 94 %. Selain itu juga masih ditemukan adanya siswa dengan nilai di bawah KKM yakni 43 58 %. Jumlah ini lebih kecil dibandingkan jumlah siswa yang mendapat nilai di bawah KKM pada tahap pratindakan yakni 58 93 %. Oleh karena masih ditemukannya siswa dengan nilai di bawah KKM maka dilakukan tindakan perbaikan selanjutnya berupa pembelajaran keterampilan menulis karangan eksposisi siklus II. Pada siklus II diperoleh hasil bahwa jumlah siswa yang masuk dalam kategori berhasil mengalami peningkatan sebanyak 48 73 %. Tidak ditemukan adanya siswa dengan nilai di bawah KKM. Semua siswa memperoleh nilai di atas 70 dengan rata-rata kelas 86 23. Hal ini membuktikan bahwa pada siklus II ini kemampuan siswa pada pembelajaran menulis karangan eksposisi dengan teknik pembelajaran inkuri telah meningkat. Dari pembahasan hasil kemampuan menulis karangan eksposisi siswa kelas X-8 SMA Laboratorium UM tiap aspek diketahui bahwa secara keseluruhan terjadi peningkatan pada 17 siswa (43 6 %) pada siklus I dan 30 siswa (76 9 %) pada siklus II. Selain itu juga terjadi stagnasi kemampuan siswa pada siklus I dan siklus II yang masing-masing sebanyak 8 siswa (20 5 %). Penurunan juga terjadi pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I sebanyak 11 siswa (28 2 %) mengalami penurunan akibat kurang serius dan penyesuaian dengan teknik baru yang diterapkan. Pada siklus II terdapat satu siswa (2 6 %) yang mengalami penurunan karena merasa bosan dan menjadi kurang serius. Berdasarkan perbandingan antara hasil di siklus I dan siklus II terjadi peningkatan kualitas dan kuantitas hasil karangan eksposisi siswa sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik pembelajaran berbasis inkuiri telah berhasil meningkatkan kemampuan menulis karangan eksposisi siswa kelas X-8 SMA Laboratorium UM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143126

Actions (login required)

View Item View Item