Pengaruh penggunaan media komik terhadap kemampuan menceritakan tokoh idola siswa kelas VII SMP Negeri 13 Malang tahun ajaran 2010/2011 / Farah Ulfa Riadina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media komik terhadap kemampuan menceritakan tokoh idola siswa kelas VII SMP Negeri 13 Malang tahun ajaran 2010/2011 / Farah Ulfa Riadina

Riadina, Farah Ulfa (2011) Pengaruh penggunaan media komik terhadap kemampuan menceritakan tokoh idola siswa kelas VII SMP Negeri 13 Malang tahun ajaran 2010/2011 / Farah Ulfa Riadina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada dasarnya pembelajaran bahasa Indonesai memuat empat aspek penting untuk meningkatkan keterampilan berbahasa siswa yakni menyimak berbicara membaca dan menulis. Kedudukan keempat keterampilan tersebut saling melengkapi satu dan lainnya. Penelitian ini berkaitan dengan kemampuan berbicara khususnya kemampuan bercerita siswa. Dalam pembelajaran bercerita siswa cenderung merasa kesulitan untuk mengungkapkan gagasan yang dimiliki salah satunya mengenai tokoh idola. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah media yang mampu mengoptimalkan kemampuan bercerita siswa. Salah satu media yang dapat digunakan adalah Komik. Media komik dapat merangsang daya ingat dan imajinasi siswa dalam bercerita. Komik yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis komik sonen seri penemu dunia. Isi cerita dalam komik tersebut berimbang antara gambar dan tulisan serta sesuai dengan usia siswa SMP kelas VII (antara 11-12 tahun). Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media komik terhadap kemampuan menceritakan tokoh idola siswa kelas VII SMP Negeri Malang Tahun Ajaran 2010/2011 ditinjau dari aspek identitas tokoh idola keunggulan tokoh idola alasan mengidolakan tokoh idola pilihan kata pelafalan kelancaran dan intonasi bercerita. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan penggunaan pretes dan postes. Seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 13 Malang berlaku sebagai populasi. Sementara sampel yang digunakan adalah kelas VII A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Pengambilan kedua kelas sebagai sampel tersebut menggunakan teknik random sampling. Setelah dilakukan tes bercerita tentang tokoh idola data sampel diolah menggunakan analisis statistik uji-t pada program komputer SPSS (Statistical Package for the Scientist) hitung lebih besar daripada t tabel (5 466 2 133). Kedua kemampuan bercerita siswa dari aspek keunggulan tokoh idola memiliki t hitung lebih besar daripada tabel (5 481 2 133). Ketiga kemampuan bercerita siswa dari aspek alasan mengidolakan tokoh idola memiliki t hitung lebih besar daripada t tabel (4 442 2 133). Keempat kemampuan bercerita siswa dari aspek pilihan kata memiliki t hitung lebih besar daripada t tabel (6 080 2 133). Kelima kemampuan bercerita siswa dari aspek pelafalan memiliki t hitung lebih besar daripada t tabel (6 752 2 133). Keenam kemampuan bercerita siswa dari aspek kelancaran memiliki t hitung lebih besar daripada t tabel (5 319 2 133). Ketujuh kemampuan bercerita siswa dari aspek intonasi memiliki t hitung lebih besar daripada t tabel (4 901 2 133). Dari hasil penelitian di atas maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut. Pertama ada pengaruh yang signifikan penggunaan media komik terhadap kemampuan bercerita siswa kelas VII SMP Negeri 13 Malang dari aspek menceritaan identitas tokoh idola. Kedua ada pengaruh yang signifikan penggunaan media komik terhadap kemampuan bercerita siswa kelas VII SMP Negeri 13 Malang dari aspek menceritakan keunggulan tokoh idola. Ketiga ada pengaruh signifikan penggunaan media komik terhadap kemampuan bercerita siswa kelas VII SMP Negeri 13 Malang dari aspek mengungkapkan alasan mengidolakan tokoh. Keempat ada pengaruh yang signifikan penggunaan media komik terhadap kemampuan bercerita siswa kelas VII SMP Negeri 13 Malang dari aspek pilihan kata. Kelima ada pengaruh yang signifikan penggunaan media komik terhadap kemampuan bercerita siswa kelas VII SMP Negeri 13 Malang dari aspek pelafalan. Keenam ada pengaruh yang signifikan penggunaan media komik terhadap kemampuan bercerita siswa kelas VII SMP Negeri 13 Malang dari aspek kelancaran. Ketujuh ada pengaruh yang signifikan penggunaan media komik terhadap kemampuan bercerita siswa kelas VII SMP Negeri 13 Malang dari aspek intonasi. 16.0 for Windows dengan taraf signifikansi 0 05. Uji-t bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaanantara kelas eksperimen yang diberikan perlakuan berupa media komik dan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan dalam pembelajaran bercerita. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama kemampuan bercerita siswa dari segi aspek identitas tokoh idola memiliki t

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/143114

Actions (login required)

View Item View Item