Perancangan interacyive book legenda Puteri Naga dan Tuan Tapa dari Aceh Selatan sebagai media pembelajaran pendidikan karakter anak usia dini / Mutiara Nisa Gardiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan interacyive book legenda Puteri Naga dan Tuan Tapa dari Aceh Selatan sebagai media pembelajaran pendidikan karakter anak usia dini / Mutiara Nisa Gardiana

Gardiana, Mutiara Nisa (2015) Perancangan interacyive book legenda Puteri Naga dan Tuan Tapa dari Aceh Selatan sebagai media pembelajaran pendidikan karakter anak usia dini / Mutiara Nisa Gardiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nisa Mutiara. 2014. PerancanganInteractive Book LegendaPuteri Naga dan Tuan Tapa dari Aceh Selatan Sebagai Media PembelajaranPendidikanKarakterAnakUsiaDini. Skripsi JurusanSenidanDesain FakultasSastra UniversitasNegeri Malang.Pembimbing (I) PrantiSayekti S.Sn M.Si (II) Andreas SyahPahlevi S.Sn M.Sn. Kata Kunci interactive book legendaTapaktuan Aceh Selatan pendidikankarakter. Indonesia memilikibanyaklegendauntukdiwariskan salahsatunyaadalahlegendaTapaktuan di Aceh Selatan yang mengkisahkanasalusulnamaTapaktuandenganpeninggalanberupakuburanraksasatuan Tapa jejak kaki tuan Tapa batumerah batuitam pulauDuadan air terjun 7 tingkat. Legendainimenjadikebanggaanmasyarakat Aceh Selatan danmenjadidayatarikwisatawan.Namun faktanyalegendaatauwarisanbudayasaatinisemakinkurangdiminatiolehmasyarakatkhususnyaanak-anak.Salah satupenyebabnyaadanyapengaruh westernisasi yang memilikipengaruhterhadappembentukankarakterseseorangsehinggamembangunpemikirianbahwawarisanbudayaadalahsebuahketertinggalan. Perancanganinteractive book legendaPuteri Naga dan Tuan Tapa berbasiscetakinibertujuansebagai media pembelajaranpendidikankarakteranakusiadinidenganpermainanedukatif untukmengenalkanlegenda Nusantaradansebagaiupayamembangundanmelestarikanlegenda Nusantara kepadamasyarakatkhususnyaanakusiadini. Interactive book inimenggunakan model perancangan yang bersifatprosedural. Model proseduraladalah model yang bersifatdeskriptifyaitumenggariskanlangkah-langkah yang harusdiikutiuntukmenghasilkanproduk.Diawalidenganmelakukananalisapasardandinamikakonsumen hinggamenghasilkantujuanperancangan pengumpulan data yang kemudiandianalisadansintesismenjadidasarkonsepperancangan dilanjutkandengantahapthumbnail digitalisasidanproduksi. Ceritayang disajikandalaminteractive bookiniadalahlegendaTapaktuandari Aceh Selatan yang dipresentasikanolehtokohutamabernamaPuteri Naga.Bukuinidiperuntukkanuntukanakrentangusiaantara 4-6 tahun. Karenadalamrentanganusiaitulah mendongengbermanfaatuntukmenstimulasidayapikiranak. Selainituhalinidapatdijadikan pula saranapelestarianwarisanbudaya.Selainilustrasilegenda produkinidilengkapimateripermainaninteraktifdidalamalurceritasehinggaanaktidakmudahjenuh. Diharapkansetelahmenggunakanprodukinteractive book legendaPuteri Naga anakdapatteredukasimengenailegendawarisanbudaya Indonesia sehinggadapatterusdiwariskansecaraturuntemurundanmenanamkan rasa banggaakanapa yang dimilikioleh Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14307

Actions (login required)

View Item View Item