Pengaruh penggunaan media film pendek terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMAN 2 Pare tahun ajaran 2011/2012 / Ade Diana Afrianty - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media film pendek terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMAN 2 Pare tahun ajaran 2011/2012 / Ade Diana Afrianty

Afrianty, Ade Diana (2013) Pengaruh penggunaan media film pendek terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMAN 2 Pare tahun ajaran 2011/2012 / Ade Diana Afrianty. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengajaran apresiasi sastra media film pendek kemampuan menulis cerpen. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh penggunaan media film pendek terhadap kemampuan menulis cerpen aspekjudul (2) mengetahui pengaruh penggunaan media film pendek terhadap kemampuan menulis cerpen aspek penggunaan gaya bahasa (3) mengetahui pengaruh penggunaan media film pendek terhadap kemampuan menulis cerpen aspek mengembangkan alur cerita (4) mengetahui pengaruh penggunaan media film pendek terhadap kemampuan menulis cerpen aspek mendeskripsikan latar cerita dan (5) mengetahui pengaruh penggunaan media film pendek terhadap kemampuan menulis cerpen aspek mendeskripsikan tokoh cerita. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan desain prates dan postes. Seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Pare berlaku sebagai populasi.Sampel penelitian adalah kelas X-B sebagai kelompok eksperimen dan kelas X-Asebagai kelas kontrol. Pengambilan kedua kelas tersebut sebagai sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas yaitu media film pendek dan variabel terikat yaitu kemampuan menulis cerpen siswa. Setelah dilakukan tes menulis cerpen data sampel diolah menggunakan analisis statistik uji-t pada program komputer SPSS (Statistical Package for the Scientist)16.0 for Windows dengan taraf signifikansi 0 05. Uji-t bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antara kelas eksperimen yang diberikan perlakuan berupa penggunaan film pendek dengan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan dalam pembelajaran menulis cerpen. Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama terdapatpengaruh signifikan penggunaan media film pendek terhadap kemampuan menulis cerpen siswa pada aspek judul. Hal ini berdasar pada outputprobabilitas 0 000 945 0 05 dengan hasil uji t yang diperoleh t hitung ttabel (7 047 2 000). Kedua terdapat pengaruh signifikan penggunaan media film pendek terhadap kemampuan menulis cerpen siswa pada aspek penggunaan gaya bahasa. Hal ini berdasar pada output probabilitas 0 000 945 0 05 dengan hasil uji t yang diperoleh thitung ttabel (5 269 2 000). Ketiga terdapat pengaruh signifikan penggunaan media film pendek terhadap kemampuan menulis cerpen siswa pada aspek mengembangkan alur. Hal ini berdasar pada outputprobabilitas 0 000 945 0 05 dengan hasil uji t yang diperoleh t hitung 2 000). Keempat terdapat pengaruh signifikan penggunaan media film pendek terhadap kemampuan menulis cerpen siswa pada aspek mendeskripsikan latar/setting. Hal ini berdasar pada outputprobabilitas 0 000 945 0 05 dengan hasil uji t yang diperoleh t hitung 2 000). Kelima terdapat pengaruh signifikan penggunaan media film pendek terhadap ii kemampuan menulis cerpen siswa pada aspek mendeskripsikan tokoh. Hal ini berdasar pada outputprobabilitas 0 000 945 0 05 dengan hasil uji t yang diperoleh t hitung 2 000). Berdasarkan hasil tersebut maka penggunaan media film pendek berpengaruh signifikanterhadap pembelajaran sastra khususnya menulis cerpen di kelas X SMA Negeri 2 Pare.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142948

Actions (login required)

View Item View Item