Peningkatan motivasi dan prestasi dalam pembelajaran teks prosedur melalui pemberian ganjaran di kelas VIII-B SMPN 15 Malang / Bertanes Expos - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan motivasi dan prestasi dalam pembelajaran teks prosedur melalui pemberian ganjaran di kelas VIII-B SMPN 15 Malang / Bertanes Expos

Expos, Bertanes (2016) Peningkatan motivasi dan prestasi dalam pembelajaran teks prosedur melalui pemberian ganjaran di kelas VIII-B SMPN 15 Malang / Bertanes Expos. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Expos Bertanes. 2016. Peningkatan Motivasi dan Prestasi dalam Pembelajaran Teks Prosedur melalui Pemberian Ganjaran di Kelas VIII-B SMPN 15 Malang. Prodi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Jurusan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing 1 Prof. Dr. Wahyudi S M.Pd. Pembimbing 2 Drs. Dwi Saksomo M.Si. Kata kunci ganjaran motivasi teks prosedur Pendidik sebagai sumber belajar siswa seharusnya menguasai materi dengan baik. Bukan hanya itu pendidik harus ahli dalam memilih strategi pembelajaran dan menggunakan media pembelajaran yang dapat menarik per-hatian siswa. Selain itu pendidik harus mengenal karakteristik siswa dengan baik. Salah satu yang menjadi tugas seorang guru adalah menumbuhkan motivasi siswa. Motivasi siswa dapat dilihat pada saat proses belajar. Siswa yang mempunyai motivasi tinggi memiliki gairah semangat belajar dan keinginan untuk mencapai prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatkan motivasi dan prestasi belajar melalui pemberian ganjaran pada pembelajaran teks prosedur kelas VIII B SMPN 15 Malang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B SMPN 15 Malang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi angket dan tes. Analisis data dengan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian motivasi dan prestasi belajar dengan pemberian ganjaran dapat berupa pujian diantaranya kata-kata tanda bintang (ganjaran kelompok) dan tanda senyum (ganjaran individu). Tanda tersebut dipasang di papan kelompok dan papan dada yang sudah disediakan oleh guru. Akan tetapi siswa belum termotivasi. Kemudian peneliti merubah tempat dimana ganjaran itu dipasang. Ganjaran tersebut dipasang di papan (papan kelompok dan papan individu) yang ditempel pada diding kelas agar siswa yang lain tahu berapa ganjaran yang didapatkan temannya. Dengan adanya reward siswa menjadi (1) tekun menghadapi tugas (2) ulet menghadapi kesulitan (3) menunjukkan minat terhadap macam-macam masalah (4) lebih senang bekerja mandiri (5) cepat bosan dengan tugas-tugas yang rutin (6) dapat mempertahankan pendapatnya (7) tidak mudah melepaskan hal yang diyakini (8) senang mencari dan memecahkan masalah soal-soal (9) minat dan perhatian siswa terhadap pelajaran (10) tanggung jawab siswa dalam mengerjakan tugas-tugas belajarnya. Motivasi siswa yang didapat dari hasil angket dalam pratindakan mencapai 41 01% dalam siklus 1 49 41% sedangkan pada siklus 2 mencapai 63 30%. Dari pratindakan menuju siklus 1 mengalami peningkatan sebesar 8 4%. Sedangkan dari siklus 1 menuju siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 10 89%. Hasil tersebut menunjukkan pemberian ganjaran meningkatkan motivasi siswa dari kriteria cukup menjadi kriteria tinggi. Hasil belajar siswa dapat dilihat dari hasil test dalam pratindakan mencapai 68 31 dalam siklus 1 69 37 sedangkan pada siklus 2 mencapai 83 90. Dari pratindakan menuju siklus 1 mengalami peningkatan sebesar 1 06. Sedangkan dari siklus 1 menuju siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 14 53. Hasil tersebut menunjukkan penerapan ganjaran meningkatkan hasil belajar siswa dari kriteria cukup menjadi kriteria baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142580

Actions (login required)

View Item View Item