Pengembangan media game aksara Jawa sebagai media pembelajaran membaca tingkat awal bahasa Jawa kelas VII SMP / Risly Nur Chamidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media game aksara Jawa sebagai media pembelajaran membaca tingkat awal bahasa Jawa kelas VII SMP / Risly Nur Chamidah

Chamidah, Risly Nur (2018) Pengembangan media game aksara Jawa sebagai media pembelajaran membaca tingkat awal bahasa Jawa kelas VII SMP / Risly Nur Chamidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Chamidah Risly Nur. 2017. Pengembangan Media Game Aksara Jawa sebagai Media Pembelajaran Membaca Tingkat Awal Bahasa Jawa Kelas VII SMP. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sunoto M.Pd (II) Dr. Gatut Susanto M.M. M.Pd. Kata kunci media pembelajaran aksara Jawa multimedia Mata pelajaran Bahasa Jawa adalah mata pelajaran muatan lokal yang diterapkan di Jawa Timur. Mata pelajaran muatan lokal ini menekankan kemampuan berbahasa daerah satu di antaranya adalah keterampilan membaca aksaraJawa. Pada pengajaran kemampuan membaca aksara Jawa ditemukan kendala dan kesulitan. Kesulitan tersebut dapat disebabkan kurangnya variasi pembelajaranyang menyebabkan kejenuhan bagi siswa. Untuk mengatasi hal tersebut media dapat digunakan sebagai alat bantu belajar siswa. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan media pembelajaran aksara Jawa berbasis komputer yang dapat memberi dorongan motivasi siswa untuk belajar membaca dan transliterasi aksara Jawa dengan santai dan menyenangkan. Media ini juga dilengkapi dengan sistem rekap jawaban yang dapat digunakan oleh guru untuk melihat letak kesulitan siswa. Penelitian dan pengembangan inimenggunakan model pengembangan Sugiyono dengan tahapan (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian dan (9) revisi produk. Kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan ini didasarkan uji validasi dan uji keterbacaan kelompok kecil. Uji validasi terdiri atas validasi oleh ahli materi dan validasi oleh ahli media. uji keterbacaan dilaksanakan dengan melibatkan 34 Siswa SMP Negeri 1 Tumpang kelas VII D. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini berupa angket dan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa media pembelajaran gameaksara Jawa berbasis komputer yang dibuat dengan menggunakan MacromediaFlash 8. Judul game ini adalah Game Jawi . Game ini berisi tiga level dengan masing-masing empat babak permainan. Hasil uji kelayakan oleh ahli media diperoleh skor rata-rata 4.44 dengan kriteria sangat layak hasil uji validasi oleh ahli materi diperoleh skor rata-rata 4.43 dengan kriteria sangat layak dan hasil uji keterbacaan kelompok kecil diperoleh skor rata-rata 4.34 dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil penilaian tersebut maka media pembelajaran aksara jawa yang dikembangkan dalam penelitian ini valid dan sangat layak untuk digunakan. ABSTRACT Chamidah Risly Nur. 2017. The Development of Javanese Letters Game Media as Learning Media of Javanese Language Initial Reading for 7th Grade of Junior High School (SMP). Mini Thesis Study Program of Indonesian and Regional Language and Literature Education Department of Indonesian Literature Faculty of Letter State University of Malang. Supervisors (I) Dr. Sunoto M.Pd (II) Dr. Gatut Susanto M.M. M.Pd. Keywords Learning Media Javanese Letters Multimedia Javanese language subject is subject of local content implemented in East Java. This subject of local content emphasizes on abilities in using regional language one of them is reading skills of Javanese letters. In teaching ability of Javanese letters there are obstacles and difficulties. The difficulties caused by less varied of learning thus it leads to the learning saturation for students. Therefore in order to cope with the obstacles and difficulties above media may be used as learning assistance for students. The aim of this research and development is to produce learning media of Javanese letters based computer that able to encourage and motivate students to learn reading and transliteration of Javanese letters fun and relaxing. This media also completed by answer recapitulation that can be used by teachers to see student difficulties. This research and development used development model by Sugiyono with the steps as follow (1) potentials and problems (2) data collection (3) product design (4) design validation (5) design revision (6) product test (7) product revision (8) application test and (9) product revision. Feasibility to this developed learning media based on validation test and readability test of small group. Validation test in this research consists of validation by material expert and validation by media expert. Readability test conducted by involving 34 students of 7th Grade in SMP Negro (Public Junior High School) 1 Tumpang. Data collection instrument used in this research and development was questionnaire and analyzed by using descriptive analysis technique. The result from this research and development was Javanese letters game learning media based computer made by using Macromedia Flash 8. The title of this game learning media is Game Jawi (Javanese Game) . This game consists of three levels of game each of them has for game chapters. The result of feasibility test by media expert obtained average score of 4.44 with very feasible criteria while the result by material expert obtained average score of 4.43 with very feasible criteria and the result of readability test obtained average score of 4.34 with very feasible criteria. Based on the result above then the developed Javanese letters learning media in this research is valid and very feasible to be used.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142434

Actions (login required)

View Item View Item