peran orangtua dalam stimulasi fisik motorik kasar anak usia 4-6 tahun pada pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi covid 19 di kota malang / karunia dianawati - Repositori Universitas Negeri Malang

peran orangtua dalam stimulasi fisik motorik kasar anak usia 4-6 tahun pada pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi covid 19 di kota malang / karunia dianawati

Dianawati, Karunia Dianawati (2021) peran orangtua dalam stimulasi fisik motorik kasar anak usia 4-6 tahun pada pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi covid 19 di kota malang / karunia dianawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan fisik motorik kasar anak berkaitan dengan kesehatan fisik yang baik kataritas emosional sebagai ajang pelepasan tenaga anak yang tertahan dan membebaskan tubuh dari kegelisahan ketegangan dan keputusaan rasa bahagia anak kasar membuat anak dapat berkecimpung dengan kegiatan yang menimbulkan kesenangan dan dapat mengendalikan fisik motorik yang baik dapat menimbulkan aman secara fisik. Adanya virus Corona berdampak menjadikan pembelajaran secara jarak jauh. Peran orangtua menjadi peran yang penting dalam pembelajaran jarak jauh terutama untuk anak rentang usia 4-6 tahun di Kota Malang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengidentifikasi peran orangtua dalam pemberian stimulasi dan strategi stimulasi fisik motorik kasar serta pengaruh dari peran orangtua terhadap pengembangan fisik motorik kasar anak 4-6 tahun selama pembelajaran jarak jauh di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode survey cross sectional. Populasi dalam penelitian ini yaitu orangtua yang memiliki anak usia 4-6 tahun di Kota Malang yang bejumlah 19.422 dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orangtua. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisoner tertutup dengan 31 butir. Analisis data yang dilakukan menggunakan analisis kuantitatif deskriptif dengan bantuan SPSS 16.0 for windows dan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan klasifikasi peran orangtua dikatakan baik. Strategi orangtua dalam pemberian stimulasi dikatakan ldquo baik rdquo dengan presentase 53%. Pengaruh dari peran orangtua terhadap pengembangan selama pembelajaran jarak jauh di Kota Malang dikatakan ldquo baik rdquo dengan 38%. Kesimpulan dari penelitian ini baik. Saran untuk orangtua dapat memberikan stimulasi latihan fisik yang tetap melatih motorik kasar anak untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan seperti mengajak bersepeda bersama bergerak dengan musik ataupun memancing anak bergerak menggunakan metode bercerita untuk menarik anak. Bagi pendidik memperhatikan pemberian stimulasi pengembangan fisik motorik kasar anak usia 4-6 tahun sama pentingnya dengan aspek pengembangan yang lain. Bagi peneliti lainnya sebagai referensi guna mengembangkan penelitian dengan peran orangtua dalam pelaksanaan program pembelajaran jarak jauh mengenai pembelajaran fisik motorik sejenis untuk anak usia 4-6 tahun yang diberikan dari rumah dalam rangka memperbaiki kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/142299

Actions (login required)

View Item View Item