Perancangan game 3D "Tulup" untuk anak-anak / Sri Yulianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan game 3D "Tulup" untuk anak-anak / Sri Yulianto

Yulianto, Sri (2013) Perancangan game 3D "Tulup" untuk anak-anak / Sri Yulianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Perancangan Game 3D Anak-anak Tulup. Perkembangan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan sesuatu yang tidak bisa dihindari. Perkembangan ini tidak hanya dinikmati oleh orang dewasa saja melainkan juga pada anak-anak. Hal ini pulalah yang menyebabkan terjadinya pergeseran budaya bermain anak-anak. Sebelumnya anak melakukan kegiatan bermain dengan menggunakan alat-alat tradisional yang sederhana bahkan tidak jarang dari mereka menggunakan peralatan-peralatan sederhana yang bisa ditemukan di sekitar rumah mereka seperti tulup (sumpit) biasa dipergunakan untuk bermain perang-perangan pelepah pisang kulit jeruk dan lainnya. Sekarang ini tidak sedikit dari anak-anak yang mengenal dan senang bermain video game play station (PS) dan permainan sejenis lainnya (game offline maupun game online). Melihat gejala atau fenomena tersebut di atas kiranya perlu dilakukan langkah-langkah strategis sebagai upaya ikut memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan pendidikan dan karakter anak-anak di Indonesia. Perlunya dirancang sebuah game yang sesuai dengan usia anak aman untuk anak dan tetap tidak meninggalkan konsep budaya Indonesia sebagai ciri khas yang harus selalu diperhatikan dan dipertahankan salah satunya adalah jenis permainan tradisional tulup. Proses perancangan dilakukan dengan mengikuti prosedur perancangan prosedural yang bersifat deskriptif yaitu menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Langkah-langkah tersebut diawali dari perumusan latar belakang masalah ide praproduksi produksi dan paska produksi game 3D. Data-data berupa gambar binatang gambar latar belakang gambar tulup gambar pendukung serta suara diolah untuk menjadi sebuah game dengan ditambahkan logika pada alur game sesusai dengan sipnopsis yang telah dibuat. Teknik analisis data menggunakan analisis SWOT (Strenght Weakness Opportunity Threat). Produk utama yang dihasilkan adalah sebuah game 3D dengan karakter Tulup yang memiliki alur cerita membasmi/ melumpuhkan binatang yang merugikan petani dengan menggunakan tulup yang di isi peluru batu. Sedangkan media pendukung untuk mengenalkan produk utama ini dibuat dalam bentuk CD label CD case cover kalender gantungan kunci kaos dan banner. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar dilakukan penelitian lanjut misalnya pengembangan sipnopsis game animasi karakter mapping pada objek serta memperkaya pembendaraan script python untuk menciptakan game yang lebih realistis dengan karakter yang mempunyai AI (artificial intelligent).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14204

Actions (login required)

View Item View Item