Ganesya, Mohammad (2013) Pengaruh desain livery perusahaan otobus Kalisari jurusan Surabaya-Malang dan sebaliknya terhadap impact daya tarik penumpang dan persepsi penumpang / Mohammad Ganesya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Pengaruh Persepsi DesainLiveryPerusahaan Otobus Kalisari Bus umum merupakan salah satu alternatif transportasi umum yang banyak digunakan di berbagai negara. Di Indonesia jalur darat Surabaya-Malang merupakan salah satu jalur darat terpadat. Terhitung 10 Perusahaan Otobus melayani penumpang umum di jalur yang dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam ini. Kalisari adalah salah satu Perusahaan Otobus yang melayani penumpang umum di jalur Surabaya - Malang tersebut. Memiliki prinsip Kepuasan Kenyamanan dan Keamanan Pelanggan dalam menyediakan pelayanan menjadikan Kalisari dapat bertahan cukup lama dan menjadi salah satu bus umum yang diminati oleh para pelanggannya. Di samping itu Kalisari juga tetap mempertahankan ciri khas desainliveryyang digunakan sejak lama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh desain liveryPerusahaan Otobus Kalisari terhadapimpactdaya tarik penumpang serta persepsi penumpang mengenai desainliveryKalisari tersebut. Penelitian ini mengarah pada penelitian kualitatif dimana pendekatan ini cenderung mengarah pada metode penelitian secara deskriptif sehingga arah dan latar belakangnya mempunyai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Metode yang digunakan untuk mendapatkan data dalam penelitian ini adalah dengan metode kuesioner wawancara observasi serta dokumen data yang diperoleh dari PO Kalisari. Sampel dalam penelitian ini adalah bus PO Kalisari yang sedang beroperasi serta penumpang bus PO Kalisari jurusan Surabaya-Malang dan sebaliknya yang ditentukan dengan menggunakan teknikpurposive sampling. Lokasi penelitian ini adalah terminal Arjosari (Malang) dan terminal Bungurasih (Surabaya) Hasil temuan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah gambaran secara umum mengenai pengaruh desainliverybus umum PO Kalisari jurusan Surabaya- Malang dan sebaliknya terhadap penumpang serta persepsi penumpang mengenai desainliverybus PO Kalisari tersebut. Secara umum penumpang bus umum PO Kalisari tidak terlalu terpengaruh oleh desainliverybus umum PO Kalisari sebanyak 65% dari jumlah informan yang diperoleh tidak terlalu terpengaruh oleh desainliveryPO Kalisari. Desainliverybus umum PO Kalisari hanya 8223 mempengaruhiimpactdaya tarik 35% dari jumlah informan yang diperoleh ada banyak faktor yang menyebabkan penumpang tersebut memilih bus umum PO Kalisari pada saat penelitian berlangsung. Dalam wawancara mengenai persepsi penumpang mengenai desainliverybus umum PO Kalisari tersebut menurut mayoritas informan yang telah diwawancarai desainliverybus umum PO Kalisari berkesan nyaman elegan dan eksklusif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jan 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/14183 |
Actions (login required)
View Item |