Mahelingga, Dheva Enlivena Irene Restia (2012) Analisis simbol desain media promosi Solo Batik Carnifal / Dheva Enlivena Irene Restia Mahelingga. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Analisis Simbol Desain Media Promosi Solo Batik Carnival. Solo Batik Carnival merupakan even karnaval yang diselenggarakan setiap tahun di Solo. Tema Solo Batik Carnival setiap tahun selalu berbeda. Solo Batik Carnival menjadi even yang meningkatkan ciri khas kota Solo sebagai kota batik. Solo Batik Carnival juga mampu menarik wisatawan domestik dan mancanegara. Penulis melihat bahwa desain media promosi Solo Batik Carnival memiliki suatu ciri khas dari simbol-simbol yang digunakan di dalamnya. Penelitian ini diharapkan akan mampu meningkatkan desain media promosi Solo Batik Carnival sehingga di kedepannya kota Solo dengan Solo Batik Carnival menjadi terkenal di dalam dan luar negeri. Permasalahan yang muncul dalam analisis ini adalah jenis simbol apa saja yang terkandung dalam visualisasi media promosi Solo Batik Carnival. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji simbol yang terkandung dalam visualisasi media promosi Solo Batik Carnival. Manfaat penelitian ini adalah (1) penulis lebih mendalami mengenai tanda visual dalam desain media promosi Solo Batik Carnival (2) Pemerintah Surakarta dan SBC Community mendapat evaluasi sehingga desain media promosi Solo Batik Carnival di masa depan akan lebih baik (3) Solo Batik Carnival akan lebih populer dan menjadi pioner even karnaval local genius. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah visualisasi desain media promosi Solo Batik Carnival 2011 periode februari-maret maret-mei dan mei-juni. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa simbol yang muncul dalam desain media promosi Solo Batik Carnival terdiri dari simbol konstitutif simbol ekspresif simbol kognitif dan simbol moral. Simbol yang paling banyak muncul pada desain media promosi Solo Batik carnival 2011 adalah simbol konstitutif hal tersebut disebabkan suatu tindakan selektif adaptif dan inovatif yang dilakukan oleh perancang untuk memunculkan ciri khas desain media promosi Solo Batik Carnival. Pada perkembangan selanjutnya untuk meningkatkan kualitas desain media promosi Solo Batik Carnival selanjutnya diharapkan dalam pembuatan desain di daerah Solo sebaiknya lebih banyak menggunakan simbol konstitutif untuk lebih menarik perhatian masyarakat Solo.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 May 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/14130 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |