pengaruh penggunaan aplikasi quizizz sebagai metode evaluasi dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar pada muatan pkn kelas v di sd negeri bunulrejo 01 malang / nurul izzah wahyuillahi - Repositori Universitas Negeri Malang

pengaruh penggunaan aplikasi quizizz sebagai metode evaluasi dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar pada muatan pkn kelas v di sd negeri bunulrejo 01 malang / nurul izzah wahyuillahi

Wahyuillahi, Nurul Izzah Wahyuillahi (2021) pengaruh penggunaan aplikasi quizizz sebagai metode evaluasi dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar pada muatan pkn kelas v di sd negeri bunulrejo 01 malang / nurul izzah wahyuillahi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Wahyuillahi Nurul Izzah. 2021. Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Metode Evaluasi Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Pada Muatan PKN Kelas V di SD Negeri Bunulrejo 01 Malang. Pembimbing (I) Drs. Imam Nawawi M.Si. (II) Putri Mahanani S.Pd M.Pd. Kata kunci Aplikasi Quizizz metode evaluasi pembelajaran daring hasil belajar Pembelajaran daring adalah kegiatan yang dilakukan secara jarak jauh dari rumah masing-masing dengan menggunakan smartphone dan dapat menggunakan dari berbagai sumber seperti internet. Adanya pembelajaran daring ini membuat hasil belajar siswa menjadi menurun karena kurangnya inovasi dari tenaga pendidik. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan Aplikasi Quizizz dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa pada muatan PKn Kelas V di SD Negeri Bunulrejo 01 Malang. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimental Design dengan menggunakan desain penelitian Nonequivalent control group design. Subjek penelitian adalah kelas VA sejumlah 24 peserta didik dan kelas VB sejumlah 26 peserta didik. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk lembar tes. Teknik analisis data dengan mencari beda mean menggunakan rumus uji ndash t dan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Aplikasi Quizizz di rasa sangat efektif dan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji ndash t Paired t-test pada pre test kelas eksperimen sebanyak 70 19 dan pada kelas kontrol sebanyak 45 58 Mengalami peningkatan nilai Uji ndash t paired t-test pada post test sebanyak 95 27 pada kelas eksperimen dan 65 75 pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji ndash t Paired t-test kedua kelompok mengalami peningkatan hasil belajar PKn dan gain score kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol setelah diberikan perlakuan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh (positif) dalam penggunaan Aplikasi Quizizz dalam metode evaluasi terhadap hasil belajar PKn kelas V di SD Negeri Bunulrejo 01 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140772

Actions (login required)

View Item View Item