pengaruh penggunaan media pembelajaran monopoli terhadap hasil belajar pada pembelajaran ips kelas v sdn jogoloyo kabupaten jombang / septia dwi rahma nugraheni - Repositori Universitas Negeri Malang

pengaruh penggunaan media pembelajaran monopoli terhadap hasil belajar pada pembelajaran ips kelas v sdn jogoloyo kabupaten jombang / septia dwi rahma nugraheni

Nugraheni, Septia Dwi Rahma Nugraheni (2021) pengaruh penggunaan media pembelajaran monopoli terhadap hasil belajar pada pembelajaran ips kelas v sdn jogoloyo kabupaten jombang / septia dwi rahma nugraheni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Nugraheni Septia Dwi Rahma. 2021. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Monopoli Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran IPS Kelas V SDN Jogoloyo Kabupaten Jombang. Skripsi Prodi S1 ndash Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Siti Umayaroh S.Pd M.Pd (2) Drs. H. Syaiful Imam S.Pd M.Pd. Kata Kunci Media Pembelajaran Monopoli Hasil Belajar Pembelajaran IPS Media pembelajaran monopoli merupakan media pembelajaran sekaligus permainan yang dapat menimbulkan proses kegiatan belajar mengajar yang menarik bagi siswa. Guru dituntut untuk lebih kreatif dalam memilih media pembelajaran yang sesuai dengan materi supaya lebih menarik dan tidak membuat bosan siswa. Peneliti ingin mengetahui permasalahan mengenai guru yang belum maksimal dalam menggunakan media pembelajaran pada saat proses pembelajaran yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran monopoli terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas V SDN Jogoloyo Kabupaten Jombang. Metode penelitian ini menggunakan penelitian pre-experimental dengan model one group pretest postest design. Penelitian ini dilakukan di SDN Jogoloyo dengan subjek siswa kelas 5. Sampel penelitian sebanyak 30 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh dimana seluruh populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes. Berdasarkan hasil penelitian untuk hasil belajar siswa diperoleh dengan nilai rata-rata n-gain postest sebesar 81 dan data analisis menggunakan regresi sederhana diperoleh thitung 4 132 dan ttabel 2 048 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media pembelajaran monopoli terhadap hasil belajar pada pembelajaran IPS kelas V SDN Jogoloyo Kabupaten Jombang. Saran dari penelitian ini guru dapat menggunakan media pembelajaran monopoli ini untuk mata pelajaran lain siswa dapat memotivasi diri sendiri untuk giat dalam belajar di sekolah maupun belajar di rumah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140766

Actions (login required)

View Item View Item