Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis swishmax materi macam-macam gaya dengan karakter tanggung jawab pada kelas iv di sdn 03 gesikan / DIAH CRISTANTI - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis swishmax materi macam-macam gaya dengan karakter tanggung jawab pada kelas iv di sdn 03 gesikan / DIAH CRISTANTI

Cristanti, Diah Cristanti (2021) Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis swishmax materi macam-macam gaya dengan karakter tanggung jawab pada kelas iv di sdn 03 gesikan / DIAH CRISTANTI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembalajaran di SDN 03 Gesikan Tulungagung sudah menggunakan pembelajaran berbasis IT sekolah sudah menyiapkan lab komputer meskipun jumlahnya belum memenuhi semua jumlah peserta didik dan belum optimal dalam penggunaannya. Bahan ajar yang digunakan hanya sebatas buku guru buku siswa serta video pembalajaran yang diambil dari internet. Peserta didik juga belum bisa bertanggungjawab atas tugas yang diberikan guru seringkali tidak mengerjakan tugasnya apalagi dimasa pandemi yang pembelajaran dilakukan secara daring. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV di sekolah terdapat potensi dan masalah yang ada di kelas maka dari itu penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis swishmax pada materi macam-macam gaya dan meningkatkan karakter tanggungjawab peserta didik kelas IV di SDN 03 Gesikan yang valid menurut ahli media ahli materi dan praktis menurut guru serta menarik untuk peserta didik. Penelitian dan pengembangan menggunakan metode Borg and Gall. Pengujian kelayakan produk divalidasi oleh ahli materi ahli media dan pengguna. Selanjutnya uji coba produk dilakukan oleh peserta didik kelas IV SDN 03 Gesikan. Berdasarkan uji kevalidan dari validasi ahli materi memperoleh hasil dengan nilai 100% dan validasi ahli media memperoleh nilai 97 2%. Sedangkan dari segi kepraktisan yang divalidasi oleh pengguna yaitu guru memperoleh nilai 96 4% dan kemenarikan memperoleh nilai 100% dari peseta didik. Jadi dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis swishmax materi macam-macam gaya dengan penguatan karakter tanggungjawab sangat valid menurut ahli materi dan ahli media sangat praktis menurut guru dan sangat menarik menurut peserta didik. Sehingga produk dapat digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140735

Actions (login required)

View Item View Item