Profil peran orang tua dalam mendampingi peserta didik kelas v sdn sidokumpul sidoarjo selama kegiatan pembelajaran daring / Jellita Endu Kumala - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil peran orang tua dalam mendampingi peserta didik kelas v sdn sidokumpul sidoarjo selama kegiatan pembelajaran daring / Jellita Endu Kumala

Kumala, Jellita Endu Kumala (0000) Profil peran orang tua dalam mendampingi peserta didik kelas v sdn sidokumpul sidoarjo selama kegiatan pembelajaran daring / Jellita Endu Kumala. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Selama masa pandemi Covid-19 kegiatan pembelajaran harus dilakukan dari rumah. Peran orang tua diperlukan untuk mendampingi kegiatan belajar peserta didik. Pendampingan orang tua dapat dilakukan orang tua dengan cara mengawasi aktivitas belajar peserta didik mendampingi peserta didik dalam menyediakan fasilitas belajar selama kegiatan pembelajaran daring dan memberikan bantuan ketika peserta didik mengalami kesulitan belajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran orang tua dalam mengawasi peserta didik kelas V SDN Sidokumpul Sidoarjo selama pembelajaran daring mendampingi peserta didik kelas V SDN Sidokumpul Sidoarjo dalam menyediakan fasilitas belajar yang diperlukan selama pembelajaran daring dan mengatasi kesulitan belajar peserta didik kelas V SDN Sidokumpul Sidoarjo selama pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang termasuk ke dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini yaitu orang tua dari peserta didik kelas V SDN Sidokumpul Sidoarjo sebanyak 9 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles amp Huberman yang terdiri dari tahap data reduction data display conclusion drawing/verification. Untuk menguji kredibilitas data pada penelitian ini peneliti menggunakan triangulasi teknik. Peneliti juga menggunakan koding untuk mempermudah dalam mengolah data serta mempermudah pembaca untuk memahami. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama kegiatan pembelajaran daring orang tua telah memberikan pendampingan kepada peserta didik. Pendampingan yang telah dilakukan oleh orang tua selama kegiatan pembelajaran daring yaitu orang tua selalu mengawasi aktivitas belajar peserta didik mengontrol kemajuan peserta didik serta mencegah dan menasehati ketika peserta didik melakukan penyimpangan belajar. Selama kegiatan pembelajaran daring orang tua selalu mendampingi peserta didik dalam menyediakan fasilitas belajar yang dibutuhkan seperti menyiapkan alat tulis buku pelajaran perangkat pembelajaran elektronik misalnya handphone laptop dan jaringan internet. Kegiatan pembelajaran selama daring dilakukan tanpa bertatap muka secara langsung antara peserta didik dan guru. Orang tua berperan penting dalam membantu mengatasi kesulitan belajar peserta didik. Cara yang dilakukan orang tua untuk membantu mengatasi kesulitan belajar yang dialami peserta didik yaitu memberikan arahan dan penjelasan pemahaman materi kepada peserta didik dan memberikan latihan soal serta mendampingi dalam proses pengerjaannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140710

Actions (login required)

View Item View Item