Pengembangan media video pembelajaran berbasis powtoon qr-code materi karangan narasi dengan penguatan karakter rasa ingin tahu kelas V SDN Srengat 01 / Mokhammad Ariefin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media video pembelajaran berbasis powtoon qr-code materi karangan narasi dengan penguatan karakter rasa ingin tahu kelas V SDN Srengat 01 / Mokhammad Ariefin

Ariefin, Mokhammad (2020) Pengembangan media video pembelajaran berbasis powtoon qr-code materi karangan narasi dengan penguatan karakter rasa ingin tahu kelas V SDN Srengat 01 / Mokhammad Ariefin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ariefin Mokhammad. 2020. Pengembangan Media Video Pembelajaran berbasis Powtoon QR-Code Materi Karangan Narasi Dengan Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu Kelas V SDN Srengat 01 Kabupaten Blitar. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Alif Mudiono M.Pd. (II) Drs. Suhel Madyono S.Pd M.Pd. Kata kunci pengembangan media Powtoon QR-Code narasi. Bahasa Indonesia adalah salah satu bidang studi pada jenjang Sekolah Dasar (SD). Pada pembelajaran Bahasa Indonesia diperlukan sebuah media pembelajaran karena materi Bahasa Indonesia bersifat abstrak sehingga memerlukan media dalam penyampaian materi. Wawancara dilakukan kepada guru dan siswa. Hasil wawancara tersebut adalah sebagai berikut. (1)siswa kurang antusias dalam kegiatan pembelajaran (2) pada saat proses pembelajaran siswa lebih tertarik jika menggunakan media (3) belum adanya media pada materi narasi. Solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut yaitu pengembangan media PowtoonQR-Code pada materi narasi. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media Powtoon QR-Code pada materi narasi yang valid menurut ahli materi ahli media dan guru sebagai pengguna serta praktis bagi siswa. Model penelitan dan pengembangan pada media Powtoon QR-Code ini adalah menggunakan model ADDIE dengan lima langkah yaitu analisis perancangan pengembangan implementasi dan evaluasi. Teknik pengumpulan data terdiri dari empat teknik yaitu wawancara angket validasi dan dokumentasi. Hasil validasi ahli materi menunjukkan persentase sebesar 91 66% dengan kategori sangat valid. Pada validasi ahli media menunjukkan persentase sebesar 87 5% dengan kategori sangat valid. Pada validasi guru sebagai pengguna menunjukkan persentase sebesar 100% dengan kategori sangat valid. Dari persentase tersebut menunjukkan bahwa media Powtoon QR-Code dapat digunakan tanpa revisi. Hasil kepraktisan dari angket respon siswa menunjukkan persentase sebesar 100%. Hal tersebut menunjukkan bahwa media Powtoon QR-Code sangat praktis dan dapat digunakan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media Powtoon QR-Code pada materi narrasi dengan penguatan karakter rasa ingin tahu valid menurut ahli materi ahli media dan guru sebagai pengguna serta praktis menurut siswa. Saran bagi pengguna dalam penggunaan media Powtoon QR-Code adalah pengguna hendaknya mempersiapkan media PowtoonQR-Code dengan baik dan merencanakan waktu secara baik agar penggunaan media ini dapat telaksana secara maksimal dan efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140707

Actions (login required)

View Item View Item