Wulandari, Anggi Frisca (2020) Pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi articulate storyline pada mata pelajaran matematika materi bangun ruang kelas V SD / Anggi Frisca Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran interaktif yang pembuatannya menggunakan aplikasi Articulate Storyline pada materi bangun ruang kelas V Sekolah Dasar (SD). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah R D dengan model ADDIE dengan 5 tahapan yaitu 1) analisis(analyze) 2) perancangan (design) 3) pengembangan (development) 4) implementasi (implementation) dan 5) evaluasi (evaluation). Penelitian ini menggunakan subyek uji coba terbatas dengan jumlah siswa tahap I sebanyak 6 siswa dan tahap II sebanyak 8 siswa dengan siswa yang berbeda dengan tahap pertama. Kevalidan produk diuji dengan melakukan uji validasi oleh ahli media dan ahli materi serta menggunakan angket validasi. Kepraktisan produk diuji dengan melakukan uji kepraktisan oleh guru sebagai pengguna dan siswa sebagai subyek uji coba serta menggunakan angket kepraktisan. Dari hasil validasi dan kepraktisan data di analisis menggunakan teknik analisis. Hasil penelitian menujukkan bahwa media pembelajaran interaktif sangat valid dengan mendapat presentase ahli materi sebesar 95 83% dan dari ahli media sebesar 98 95% sedangkan kepraktisan mendapat presentase 100% baik dari pengguna maupun subyek uji coba tahap I dan II yang berarti media sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi Articulate Storyline dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang layak karena memenuhi kriteria kevalidan dan kepraktisan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Sep 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/140694 |
Actions (login required)
View Item |