Strategi pemasaran jasa layanan pendidikan di SMK industri Al-Kaaffah Kepanjen Malang / Mega Septyan Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi pemasaran jasa layanan pendidikan di SMK industri Al-Kaaffah Kepanjen Malang / Mega Septyan Wulandari

Wulandari, Mega Septyan (2020) Strategi pemasaran jasa layanan pendidikan di SMK industri Al-Kaaffah Kepanjen Malang / Mega Septyan Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sekolah merupakan lembaga yang sangat penting bagi kehidupan bermasyarakat. Lembaga pendidikan seperti sekolah hendaknya selalu berupaya untuk selalu melakukan inovasi-inovasi terhadap pelayanan yang diberikan kepada masyarakat sebagai pengguna jasa pendidikan. Sekolah sebagai tempat untuk menimba ilmu yang wajib dan utama dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu sekolah sudah seharusnya dapat selalu meningkatkan kualitas pendidikan yang diberikan kepada pengguna pelayanan pendidikan. Sebagai penyedia layanan jasa pendidikan sudah sewajarnya sebuah lembaga sekolah untuk mempromosikan sekolah kepada khalayak masyarakat. Dengan strategi yang tepat maka lembaga penyedia jasa pendidikan tersebut akan tetap berdiri kokoh dengan dukungan pengguna jasa pendidikan. Karakteristik orang antara satu dan lainnya berbeda maka inilah yang menjadikan dasar bahwa pelayanan jasa pendidikan yang diberikan masing-masing orang dan lembaga itu berbeda. Berdasarkan konteks tersebut peneliti merumuskan fokus penelitian yang terdiri dari (1) perencanaan strategi pemasaran jasa layanan pendidikan di SMK Industri Al-Khaaffah (2) pengorganisasian strategi pemasaran jasa layanan pendidikan di SMK Industri Al-Khaaffah Kepanjen (3) pelaksanaan strategi pemasaran jasa layanan pendidikan di SMK Industri Al-Kaaffah Kepanjen (4) evaluasi pemasaran jasa layanan pendidikan di SMK Industri Al-Kaaffah Kepanjen dan (5) faktor pendukung dan penghambat dalam strategi pemasaran jasa layanan pendidikan yang dilaksanakan SMK Industri Al-Kaaffah Kepanjen. Untuk dapat mendeskripsikan beberapa fokus di atas peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif dengan cara (1) reduksi data (2) display data dan (3) penarikan/ pengajuan simpulan (verifikasi). Pada pengecekan keabsahan datanya dilakukan dengan cara (1) triangulasi (2) ii pengecekan anggota (3) meningkatkan ketekunan dan (4) kecukupan bahan referensi. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa (1) perencanaan strategi pemasaran jasa layanan pendidikan di SMK Industri Al-Kaaffah Kepanjen dilaksanakan pada semester ganjil dengan cara rapat antar pendidik dan tenaga kependidikan di SMK Industri Al-Kaaffah (2) Pengorganisasian strategi pemasaran jasa layanan Pendidikan di SMK Industri Al-Kaaffah dilaksanakan dengan 2 kegiatan yaitu pembagian peran dan jabatan pada setiap pendidik dan tenaga kependidikan dan yang kedua yaitu pemabagian jobdesc pada setiap jabatan penugasan (3) Implementasinya strategi pemasaran jasa layanan Pendidikan di SMK Industri Al-Kaaffah yaitu dengan melaksanakan kegiatan PPDB melaksanakan teknik pemasaran jasa layanan Pendidikan seperti melakukan pemasaran secara lisan maupun secara tercetak (4) evaluasi strategi pemasaran jasa layanan pendidikan adalah dengan mengumpulkan hasil report dari pendidik yang sudah diberi tugas pada saat rapat evaluasi dan rapat evaluasi diadakan pada saat akhir periode pendaftaran PPDB yang artinya rapat evaluasi ini dilaksanakan dua kali dan (4) faktor pendukungnya adalah lokasi yang strategis fokus kedisiplinan seragam yang unik memiliki 3 filosofi yaitu religi sains dan teknologi dan memiliki kegiatan PERSAMI yang berbeda dengan skeolah launnya sedangkan penghambat strategi pemasaran jasa layanan Pendidikan di SMK Industri Al-Kaaffah adalah waktu yang kurang tepat untuk pelaksanaan strategi kurangnya personil mencari keunikan yang berbeda tiap tahunnya terlalu banyaknya pesaing kurangnya dana dan pandemik pada tahun 2020. Dari hasil temuan disarankan sebagai berikut Bagi Ketua Yayasan Al-Islamu Al-Ainul Al-Baahiroh diharapkan setelah mengetahui faktor-faktor penghambat yang ada agar lebih diminimalisir dan juga lebih memperhatikan lagi kebutuhan-kebutuhan sekolah sehingga sekolah mampu meningkatkan mutu layanan Pendidikan dan mampu bersaing dengan SMK yang ada di Kepanjen dan sekitarnya (2) bagi Kepala SMK Industri Al-Kaaffah diharapkan mampu menjaga keharmonisan warga sekolah sehingga mampu mensinkronkan warga sekolah untuk bekerjasama dalam rangka memasarkan sekolah (3) bagi Waka Humas SMK Industri Al-Kaaffah Kepanjen diharapkan mampu menambah relasi dengan SMP dan MTs dalam ruang lingkup wilayah yang lebih luas dari sebelum-sebelumnya sehingga tiap tahunnya dapat selalu meningkat angka peserta didik yang masuk ke SMK Industri Al-Kaaffah (4) bagi Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan diharapkan dapat dijadikan rujukan dalam pengembangan ilmu Administrasi Pendidikan khususnya pada mata kuliah Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat dan (5) bagi Peneliti Lain diharapkan dapat digunakan sebagai acuan untuk mengembangkan penelitian sejenis terutama tentang strategi humas dan pemasaran jasa layanan pendidikan agar nantinya memiliki referensi yang lebih luas lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 May 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140590

Actions (login required)

View Item View Item