Pengembangan media augmented reality markerless berbasis smartphone untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam materi struktur lapisan bumi / Maylinda Maghfiroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media augmented reality markerless berbasis smartphone untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam materi struktur lapisan bumi / Maylinda Maghfiroh

Maghfiroh, Maylinda Maghfiroh (2021) Pengembangan media augmented reality markerless berbasis smartphone untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam materi struktur lapisan bumi / Maylinda Maghfiroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran geografi pada sekolah menengah atas menjadi tantangan tersendiri bagi guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Pada saat penyampaian materi dalam proses pembelajaran guru dituntut mampu menarik perhatian siswa menumbuhkan motivasi belajar dan mempu membuat siswa terlibat langsung dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran geografi banyak materi yang membahas mengenai hal-hal abstrak serta perlu penggambaran secara nyata agar siswa mampu memahami bagaimana gambaran nyata dari materi yang diajarkan. Dalam hal ini diperlukan suatu media yang mampu memberikan penjelasan serta gambaran secara nyata untuk memudahkan pemahaman siswa serta melatih siswa agar mampu berpikir aktif kreatif dan inovatif. Salah satu alternatif media yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah dengan menggunakan media Augmented Reality Markerless. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan produk Augmented Reality Markerless yang layak digunakan dalam pokok bahasan ldquo Struktur Lapisan Bumi rdquo sebagai media pembelajaran yang mampu menumbuhkan motivasi belajar serta membuat siswa dapat terlibat secara langsung dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model pengembangan menurut Lee amp Owens. Hasil uji kelayakan ahli media memperoleh nilai rata ndash rata 93 7% dan ahli materi sebesar 91 2% serta uji coba produk kepada siswa memperoleh 89 9%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media Augmented Reality Markerless ini layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/140530

Actions (login required)

View Item View Item