Perancangan film animasi "The Good Samaritan" sebagai media pembelajaran karaktrer kasih untuk anak-anak sekolah minggu / Pandu Wijaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan film animasi "The Good Samaritan" sebagai media pembelajaran karaktrer kasih untuk anak-anak sekolah minggu / Pandu Wijaya

Pandu Wijaya (2007) Perancangan film animasi "The Good Samaritan" sebagai media pembelajaran karaktrer kasih untuk anak-anak sekolah minggu / Pandu Wijaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wijaya Pandu.2007. Perancangan Film Animasi The Good Samaritan Sebagai Media Pembelajaran Karakter Kasih Pada Anak-Anak di Sekolah Minggu. Tugas Akhir Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Pujiyanto M.Sn. Pembimbing (II). Drs. Sarjono M.Sn. Kata Kunci Perancangan Film Animasi Media Pembelajaran Karakter Kasih 8223 . Sejarah telah mencatat bahwa sejak jaman purba manusia telah menggunakan media sebagai sarana penyimpanan catatan sejarah dan penyampaian informasi. Di Indonesia hal ini ditegaskan dengan ditemukannya lukisan di Goa Leang-leang Sulawesi Utara yang telah berumur lebih dari 5000 tahun. Selain itu di Altamira Spanyol juga ditemukan sebuah lukisan lembu pada tahun 1872. Ketika waktu berjalan dan jaman berubah usaha manusia untuk menyimpan catatan sejarah dan penyampaian informasi juga telah berubah. Banyak alat baru ditemukan yang bertujuan untuk membuat hidup menjadi lebih mudah sekaligus memperbaiki kualitas hidup manusia. Televisi sebagai salah satu media tayang penyebar luasan informasi tidak dapat dipungkiri telah berandil besar dalam proses penyampaian informasi. Sebagai sebuah media yang terjangkau oleh masyarakat luas tidak heran televisi telah masuk ke dalam hampir sebagian besar rumah tangga di Indonesia. Film televisi sebagai media tayang yang menghibur telah menyita perhatian audiens baik itu dewasa maupun anak-anak. Pesan dari film animasi atau kartun yang ada belum tentu kondusif dengan masa perkembangan karakter anak. Tayangan dengan adegan kekerasan sangat berpengaruh terhadap proses pembentukan karakter anak yang cenderung duplikatif. Satu contoh yang pernah terjadi adalah kasus tayangan Smack Down yang mengakibatkan seorang anak meninggal. Merespon pada hal tersebut disadari adanya sebuah kebutuhan untuk membuat sebuah tayangan yang sesuai dengan anak sekaligus mengembangkan budi pekerti/karakter mereka sebagai sebuah media pembelajaran. Salah satu caranya adalah pembuatan film animasi dua dimensi yang mengambil kisah dari Alkitab. Cerita-cerita di dalam Alkitab dianggap cocok karena mengajarkan kepahlawanan tanpa menggunakan kekerasan. Perancangan film animasi memiliki peluang sebagai media pembelajaran yang menarik minat anak. Pada kesempatan ini penulis fokus pada pembelajaran karakter Kasih 8223 yang diambil dari perumpamaan Alkitab tentang orang Samaria yang baik hati (The Good Samaritan). Di dalam film ini anak-anak diajak untuk saling tolong menolong dan peka terhadap sesama. Melalui beberapa observasi dan data kepustakaan penulis memulai proses perancangan animasi 2 dimensi dengan mrnggunakan teknik limited animation. dengan dari pra produksi produksi hingga paska produksi. Hasil dari perancangan ini adalah film animasi dengan durasi 8 4 menit dikemas dalam VCD dengan packaging dan beberapa media pendukung promosinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Oct 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13883

Actions (login required)

View Item View Item