Perancangan media promosi pariwisata Kota Blitar / Ervan Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan media promosi pariwisata Kota Blitar / Ervan Pratama

Ervan Pratama (2007) Perancangan media promosi pariwisata Kota Blitar / Ervan Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pratama Ervan. 2007. Perancangan Media Promosi Pariwisata di Kota Blitar. Skripsi Program Studi Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sugiyono Ardjaka M. Sc (2) Drs. Sardjono M. Sn Kata kunci Perancangan media promosi pariwisata. Kota Blitar merupakan wilayah terkecil kedua di Provinsi Jawa Timur setelah Kota Mojokerto. Kota Blitar juga dikenal dengan sebutan Kota Patria Kota Lahar dan Kota Proklamator. Kota ini memiliki potensi obyek wisata yang tidak dimiliki daerah lain. Obyek wisata Makam Bung Karno merupakan salah satu obyek wisata khas Kota Blitar. Pada kenyataannya hanya obyek wisata inilah yang dikenal oleh masyarakat. Pemerintah daerah melalui Dinas Informasi Komunikasi dan Pariwisata sebenarnya telah melakukan usaha dalam memperkenalkan potensi wisata di Kota Blitar. Namun masih kurang sesuai baik dalam tampilan maupun segi ekplorasi potensi wisata sehingga diperlukan sebuah konsep promosi yang menarik baik secara visual maupun verbal. Berdasarkan permalahan tersebut sangat diperlukan suatu perancangan media komunikasi visual dan media promosinya untuk mengenalkan potensi wisata yang ada di Kota Blitar yang pada akhirnya bertujuan untuk mencapai citra positif dari masyarakat dunia wisata daerah maupun nasional. Perancangan media komunikasi visual sebagai sarana promosi pariwisata Kota Blitar ini menggunakan model perancangan prosedural atau model perancangan yang bersifat deskriptif. Perancangan ini menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan suatu produk yang meliputi identifikasi masalah analisis kesimpulan dan sintesa serta pengumpulan data konsep perancangan gagasan dan perancangan desain dan yang terakhir berupa keputusan final desain. Dengan adanya acuan perancangan tersebut diharapkan dapat dihasilkan sebuah produk perancangan karya desain yang menarik dan dapat digunakan secara maksimal. Adapun produk yang dihasilkan nantinya berupa media komunikasi visual Promosi Pariwisata Kota Blitar. Dari data yang terkumpul melalui observasi dan wawancara dapat diketahui bahwa sebagai usaha untuk mengenalkan potensi pariwisata Kota Blitar diperlukan media-media komunikasi visual sebagai media promosi. Media-media promosi yang dihasilkan berupa event dan media informasi dalam bentuk produk. Tema yang diangkat sebagai konsep event adalah menampilkan potensi wisata Kota Blitar beserta media informasi didalamnya dalam satu acara Sepekan Wajah Kota Blitar . Konsep event dipakai karena sesuai dengan tujuan utama yaitu mengenalkan dan mempromosikan semua potensi wisata yang ada di Kota Blitar serta menguatkan citra Kota Blitar sebagai kota tujuan wisata yang patut diperhitungkan. Media Berdasarkan hasil perancangan ini saran dari penulis adalah perlunya peningkatan dan pembaharuan sarana dan prasarana wisata serta mengembangkan media komunikasi visual yang lebih kreatif dan inofatif dalam usaha mengenalkan dan mempromosikan potensi wisata Kota Blitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Oct 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13882

Actions (login required)

View Item View Item