Saksono, Deta Mei (2009) Program pengelolaan kelas pembelajaran teknik dasar pasing bawah bolavoli siswa kelas VII SMP Erlangga Malang / Deta Mei Saksono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Program pengelolaan kelas pembelajaran teknik dasar pasing bawah bolavoli yang dilakukan oleh guru pendidikan jasmani kurang bisa menciptakan pembelajaran aktif kreatif efektif dan menyenangkan . Berdasarkan pengamatan awal yang dilakukan di SMP Erlangga Malang banyak siswa yang kurang semangat berusaha menarik perhatian tiba-tiba berhenti melakukan kegiatan dan apatis. Hal ini disebabkan karena minimnya sarana berupa bola yang hanya tersedi 2 buah dengan begitu secara tidak langsung menyebabkan masalah dalam mengelola kelas. Berdasarkan latar belakang di atas rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana program pengelolaan kelas pembelajaran teknik dasar passing bawah bolavoli menggunakan bola modifikasi untuk meningkatkan keterampilan siswa kelas VII SMP Erlangga Malang.Tujuan penelitian ini adalah melakukan perbaikan program pengelolaan kelas pembelajaran teknik dasar passing bawah bolavoli menggunakan bola modifikasi untukmeningkatkan siswa kelas VII SMP Erlangga Malang Peneliitian tindakan kelas ini untuk memperbaiki program pengelolaan kelas pembelajaran teknik dasar passing bawah bolavoli menggunakan bola modifikasi untuk meningkatkan keterampilan siswa kelas VII SMP Erlangga Malang yang dilakuakn dengan beberapa tahapan yaitu menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) untuk program pengelolaan kelas pembelajaran teknik dasar passing bawah bolavoli. Memberikan tindakan berupa Program pengelolaan kelas pembelajaran teknik dasar passing bawah bolavoli menggunakan bola modifikasi sebagai alat pembelajaran. Melakukan pengamatan terhadap program pengelolaan kelas pembelajaran teknik dasar passing bawah bolavoli yang dilakukan dengan pengamat. Merefleksikan kegiatan pembelajaran guna menemukan solusi yang tepat untuk pembelajaran berikutnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan daya serap siswa terhadap materi dan juga berkurangnya perilaku menyimpang pada siswa bahkan nyaris dapat dihilangkan. Saran-saran a) Guru pendidikan jasmani diharapkan dapat mengembangkan kreativitas dan inovatif pada proses pembelajaran dalam upaya meningkatkan pembelajaran b) Pengembangan model aktivitas pada pembelajaran pendidikan jasmani perlu ditingkatkan agar siswa memperoleh kemudahan dalam menyerap materi pembelajaran. c) Dalam tujuan mencapai tujuan pembelajaran pendidikan jasmani diperlukan alat atau media yang dimodifikasi untuk meningkatkan motivasi siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jul 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/138491 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |