Cara belajar piano dasar Bagus Adimas Prasetio sebagai penyandang tunanetra di Surabaya / Meutia Medina Maris - Repositori Universitas Negeri Malang

Cara belajar piano dasar Bagus Adimas Prasetio sebagai penyandang tunanetra di Surabaya / Meutia Medina Maris

Maris, Meutia Medina (2018) Cara belajar piano dasar Bagus Adimas Prasetio sebagai penyandang tunanetra di Surabaya / Meutia Medina Maris. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Maris Meutia Medina. 2018. Cara Belajar Piano Dasar Bagus Adimas Prasetio sebagai Penyandang Tunanetra di Surabaya. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Ninik Harini M.Sn (II) Ika Wahyu Widyawati S.Pd M.Pd Kata kunci Cara Belajar Piano Dasar Bagus Adimas Prasetio Penyandang Tunanetra. Cara belajar merupakan langkah-langkah terstruktur dalam melakukan kegiatan atau usaha tertentu yang dilakukan seseorang untuk memperoleh ilmu. Piano dasar merupakan pengetahuan mempelajari cara memainkan instrumen piano secara umum. Bagus Adimas Prasetio merupakan salah satu penyandang tunanetra yang piawai dalam bermain piano. Bagus Adimas Prasetio telah mendapatkan penghargaan Muri sebagai pianis tunanetra. Berdasarkan latar belakang permasalahan yang dikaji di dalam penelitian ini adalah tentang cara belajar piano dasar Bagus Adimas Prasetio sebagai penyandang tunanetra di Surabaya dan faktor-faktor yang mempengaruhi Bagus Adimas Prasetio dalam belajar piano dasar. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan cara belajar piano dasar Bagus Adimas Prasetio sebagai penyandang tunanetra di Surabaya dan faktor-faktor yang memengaruhi cara belajar. Hasil data yang dipaparkan antara lain adalah hasil wawancara observasi serta dokumentasi mengenai cara belajar piano dasar Bagus Adimas Prasetio. Pendekatan penelitian yang digunakan untuk mengkaji tentang cara belajar piano dasar Bagus Adimas Prasetio sebagai penyandang tunanetra di Surabaya adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan cara belajar piano dasar Bagus Adimas Prasetio sebagai penyandang tunanetra dan faktor-faktor yang mempengaruhi cara belajar. Cara belajar piano dasar menggunakan tiga cara yaitu resitasi metode drill dan metode imitasi. Resitasi meliputi materi yang dipelajari materi yang dihafalkan dan materi yang disajikan. Metode drill meliputi materi yang dicontohkan dan ditirukan. Metode imitasi meliputi solfes dan improvisasi. Faktor yang mempengaruhi cara belajar yaitu internal dan eksternal. Faktor internal meliputi fisiologis yaitu bersifat jasmaniah dan psikologis yang bersifat rohaniah. Faktor eksternal meliputi lingkungan sosial yaitu orang sekitar. Lingkungan non sosial yaitu sarana dan prasarana. Kesimpulan yang didapatkan melalui penelitian ini adalah cara belajar piano dasar Bagus Adimas Prasetio sebagai penyandang tunanetra memiliki 3 cara yaitu metode resitasi metode drill dan metode imitasi. Faktor-faktor yang memengaruhi cara belajar piano yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Diharapkan penelitian ini dapat dikembangkan dengan penelitian serupa agar lebih mengetahui cara belajar dan faktor yang mempengaruhi cara belajar penyandang tunanetra. Diharapkan juga pada sekolah luar biasa agar lebih membimbing siswa tunanetra untuk memperdalam dunia musik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13755

Actions (login required)

View Item View Item