Pengembangan bahan ajar tari Beskalan melalui game edukasi tata busana Tari Beskalan bagi siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Malang / Karin Mirda Yuana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar tari Beskalan melalui game edukasi tata busana Tari Beskalan bagi siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Malang / Karin Mirda Yuana

Yuana, Karin Mirda (2018) Pengembangan bahan ajar tari Beskalan melalui game edukasi tata busana Tari Beskalan bagi siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Malang / Karin Mirda Yuana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Yuana Karin Mirda. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Tari Beskalan Melalui Game Edukasi Tata Busana Tari Beskalan Bagi Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Malang. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Soerjo Wido Minarto M.Pd (II) Hartono S.Sn M.Sn. Kata Kunci Bahan ajar game edukasi tata busana tari Beskalan. SMP Pelaksanaan pembelajaran seni tari di SMP Negeri 1 Malang membutuhkan penunjang pembelajaran yang menyenangkan seperti bahan ajar melalui game edukasi. Bahan ajar melalui game edukasi dikembangkan sesuai dengan pemanfaatan sarana dan prasarana yang tersedia di sekolah. Bahan ajar game edukasi dipilih karena membuat anak terhibur dan senang mengenal teknologi komputer serta dapat mengenalkan teknologi dan berbagai fiturnya. Tujuan penelitian dan pengembangan adalah mengembangkan bahan ajar game edukasi tata busana tari Beskalan bagi peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Malang. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan prosedur penelitian mengacu pada metode Sugiyono (2016) yang dimodifikasi. Metode pengembangan Sugiyono terdiri dari 1) Potensi dan Masalah 2) Perumusan Tujuan Pembelajaran 3) Pengembangan Materi 4) Desain Produk 5) Pengembangan Instrumen validasi 6) Produksi 7) Validasi 8) Uji coba produk 9) Revisi. Pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan angket yang diukur dengan skala Likert. Teknik analisis data dalam penelitian dan pengembangan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil pengembangan berupa bahan ajar game edukasi tata busana tari Beskalan. Adapun hasil uji coba adalah sebagai berikut (1) hasil validasi tahap I ahli materi mencapai persentase 75% menunjukkan produk cukup valid untuk ahli bahasa mencapai 76% menunjukkan produk valid dan untuk ahli media mencapai 88 72% menunjukkan produk valid (2) uji kelompok kecil yang dilakukan oleh 5 siswa secara acak mencapai persentase 82% dikategorikan valid (3) hasil validasi tahap II ahli materi secara keseluruhan mencapai presentase 96 7% untuk validasi ahli bahasa mencapai 96% dan 92 82% untuk hasil validasi ahli media ketiga validasi dikategorikan valid/layak digunakan (4) uji kelompok besar yang dilakukan 33 siswa kelas VIII A yang dipilih berdasarkan hasil observasi penulis dan wawncara dengan guru memperoleh persentase sebesar 90 1% dikategorikan valid/layak digunakan. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba menunjukkan bahwa bahan ajar game edukasi tata busana tari Beskalan valid/layak digunakan dalam pembelajaran. Saran bagi peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian dan pengembangan sejenis disarankan bahan ajar game edukasi dikembangkan dengan materi yang lebih bervariasi dan bisa digunakan menggunakan smart phone.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/13745

Actions (login required)

View Item View Item